Yayasan Karitas Sani Madani (KARISMA) : Indonesia Madani Peduli Adiksi & HIV-AIDS

Yayasan Karitas Sani Madani (KARISMA) : Indonesia Madani Peduli Adiksi & HIV-AIDS - Motivasinews.com

Yayasan Karitas Sani Madani (KARISMA) : Indonesia Madani Peduli Adiksi & HIV-AIDS - Motivasinews.comMOTIVASInews.com – Selama ini masih banyak masyarakat Indonesia yang menjauh dan menghindar dari mereka yang terkena adiksi dan HIV-Aids. Masih banyak yang beranggapan bahwa seorang manusia jika sudah terkena kedua masalah tersebut berarti manusia ini harus dihindari dan dijauhi !

Tapi tidak seperti itu menurut Yayasan Karitas Sani Madani (KARISMA). Yayasan yang sudah berdiri sejak tahun 2001 ini justru ingin menunjukkan pada masyarakat bahwa adiksi dan HIV bukanlah sesuatu yang harus dihindari tetapi merupakan masalah kesehatan publik yang harus ditanggulangi.

Yayasan yang merupakan organisasi nirlaba berbasis kemasyarakatan ini mempunyai sebuah misi yaitu ingin mewujudkan masyarakat yang secara bersama-sama mendukung dan membantu menanggulangi masalah melalui advokasi jejaring dan peningkatan kapasitas.

Karisma percaya bahwa adiksi adalah masalah kesehatan masyarakat dan perawatan pemulihan seharusnya tersedia untuk setiap individu. “Kami bertekad untuk
menyediakan perawatan adiksi dengan standar internasional dan layanan pendukung
lainnya bagi masyarakat Indonesia, khususnya orang dengan penyalahgunaan zat dan
mereka yang terkena dampaknya,” ungkap Basjir Ahmad, Koordinator Pencegahan dan Perawatan Napza.

Yayasan Karisma ini memulai kiprahnya dengan program perawatan adiksi napza sejak 2002 hingga sekarang. Pusat perawatan ini menyediakan perawatan dan layanan intensif termasuk konseling untuk orang dengan gangguan penyalahgunaan zat dan keluarganya.

Dalam mengembangkan programnya, yayasan ini  terus berinovasi untuk terus mengembangkan dan menjalankan Program Pemulihan Adiksi Berbasis Masyarakat dengan tujuan membantu klien mengembangkanlandasan yang kuat. Program tersebut juga mencangkup kesadaran HIV-AIDS dan Hepatitis C melalui konseling, test dan perawatan.

Berbagai program perawatan akan diberikan untuk para klien dalam rangka pemulihan mereka, seperti konseling individu, terapi kelompok, kelompok edukasi, kelompok bantu diri, rekreasi, olahraga, kelompok dukungan untuk keluarga dan test kesehatan (HIV, Hepatitis C, IMS), rujukan layanan kesehatan dan detoksifikasi.

Selama lebih kurang 13 tahun terakhir ini, Yayasan Karisma bermitra dengan berbagai institusi pemerintah maupun NGO Internasional. Beberapa kemitraan terjalin dengan
Komisi Penanggulangan AIDS mulai dari tingkat Nasional hingga kota administrasi Jakarta Timur sejak 2005.

“There continues to be an enormous unmet need for drug use prevention, treatment, care and support, particularly in developing countries”. (Yuri Fedlotof, Executive Director UNODC)

Donasi dapat disalurkan melalui : Rekening Bank BCA, A/n: Yayasan Karisma, N/r: 0353082440

Sponsored