7 Keharusan untuk Menjadi Pemimpin yang Disenangi

MOTIVASInews.com – Untuk menjadi seorang pemimpin yang disenangi, setidaknya ada 7 keharusan yang kudu dimiliki. Nah lho… wong menjadi pemimpin saja sudah susah, apalagi menjadi pemimpin yang disukai…

Pemimpin dan bawahan merupakan suatu hubungan Simbiosis Mutualisme, yaitu pola interaksi yang berkaitan dan menguntungkan.

Disadari atau tidak keberadaan pemimpin dan bawahan adalah dua komponen yang saling menguatkan, pimpinan tanpa bawahan tidak berguna dan lemah, sedangkan bawahan tanpa pimpinan seperti roda tanpa mesin, mampu berputar namun tidak mampu bergerak.

“Semua orang memiliki kesempatan untuk menjadi seorang pemimpin, namun tidak semuanya mampu menjadi pemimpin yang baik atau disenangi. Menjadi seorang pemimpin bukan suatu hal yang mudah, karena segala sesuatu yang dijalankannya akan menjadi panutan bagi para bawahan.”

Tidak sedikit pemimpin yang gagal dalam menjalankan perannya. Banyak pula pemimpin tidak disenangi oleh para karyawannya hanya karena sikapnya dan kebijakan saat mengambil keputusan yang kurang tepat.

Manusia adalah makhluk sosial yang menjadi pemimpin bagi dirinya sendiri dan menjadi pemimpin bagi orang lain. Menjadi pemimpin berarti menjadi seseorang yang memiliki tanggung jawab lebih dalam hidup.

Seorang pemimpin adalah individu dengan jiwa terlatih dan mampu melatih individu-individu lain untuk mewujudkan visi yang bersifat seragam.

Seorang pemimpin diharuskan mampu melibatkan diri dalam unsur keberagaman sifat anggota yang menjadi tanggung jawabnya. Pemimpin yang disenangi adalah pemimpin yang mampu membawa misi kelompoknya ke arah yang baik dan tetap teguh merangkul semua anggota kelompok.

Oleh karena itu penting bagi Sahabat Motivasinews.com untuk mengetahui KRITERIA SUKSES MENJADI PEMIMPIN YANG BAIK BAGI KARYAWAN. Berikut adalah 7 Karakter Utama Pemimpin yang Disenangi :

  • Harus Jujur

    Kejujuran dalam diri seseorang tentunya menjadi point khas yang harus dimiliki, terutama oleh seorang pemimpin. Pemimpin yang jujur menjanjikan keterbukaan dan keluwesan dalam memberikan segala informasi mencakup kepentingan kelompok. Kejujuran seorang pemimpin akan menjadi ciri khas tersendiri yang mampu diandalkan oleh anggota. Pemimpin ideal dengan tingkat kejujuran tinggi akan mendapatkan kepercayaan luas dari kelompoknya.

  • Harus Bertanggung jawab

    Bertanggung jawab berarti berani menanggung efek dari segala keputusan yang timbul akibat tindakan yang telah dilaksanakan. Selain cerdas dan berinisatif, seorang pemimpin yang ideal tentunya perlu memiliki sifat bertanggung jawab. Pengambilan keputusan terhadap cara kerja dan pelaksanaan misi suatu kelompok tentunya diputuskan dengan tidak tergesa-gesa. Pemimpin yang bertanggung jawab adalah pemimpin yang tetap teguh dan mampu berpikir taktis untuk menerima segala risiko yang timbul dari sebuah keputusan.

  • Harus Cerdas

    Kecerdasan adalah modal penting yang idealnya harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Kecerdasan merupakan point utama yang menentukan seberapa baik langkah yang diambil seorang pemimpin jika dihadapkan pada suatu masalah kelompok. Pemimpin ideal adalah pemimpin yang cerdas dalam membawa diri,didukung dengan keunggulan berfikir dan peka terhadap hal-hal sekitar. Dalam menjalankan tugasnya, seorang pemimpin yang ideal akan mampu berpikir luwes dan memiliki ide-ide segar untuk keberlangsungan kepentingan kelompoknya.

  • Harus Berinisiatif

    Tidak hanya cerdas, pemimpin yang disenangi adalah pemimpin yang berani berinisiatif jika dihadapkan dengan suatu masalah. Inisiatif diri jelas dibutuhkan oleh seorang pemimpin demi terciptanya solusi yang bersifat nyata dan menjanjikan. Pemimpin yang berinisiatif adalah pemimpin yang mampu menggerakkan dirinya sendiri terlebih dahulu untuk memulai segala sesuatunya tanpa adanya paksaan. Dengan sifat inisiatif yang ada dalam diri pemimpin, kekuatan diri dari tiap anggota untuk menjalankan misi kelompok pun akan terjamin dengan baik.

  • Harus Dapat Dipercaya

    Karakter yang satu ini tentunya timbul dari seberapa berhasilnya seorang pemimpin dalam menggerakkan anggotanya dan bijak dalam mengambil keputusan. Pemimpin yang disenangi adalah pemimpin yang tanpa perlu berfikir ulang, anggotanya akan dengan kesungguhan hati mampu mempercayai pemimpin tersebut untuk mengambil keputusan. Pemimpin yang dapat dipercaya adalah pemimpin yang mampu mendamaikan hati semua anggota. Dengan pemimpin yang dapat dipercaya, setiap anggota akan merasa lebih terpacu untuk menyatukan hati dan menciptakan keseragaman kelompok demi terciptanya keutuhan.

  • Harus Rela Berkorban

    Rela berkorban berarti rela menerjunkan diri dalam kepentingan kelompoknya dibandingkan dengan kepentingan pribadi. Pemimpin yang rela berkorban akan mampu memfokuskan diri untuk mencapai visi kelompok secara detail. Sifat rela berkorban ini pun tentunya harus didasari dengan kecerdasan dan kebijakan dari seorang pemimpin. Pemimpin yang rela berkorban akan mampu mengambil keputusan secara tepat tanpa merugikan banyak pihak.

  • Harus Dicintai dan Mencintai Kelompoknya

    Cinta hadir dalam diri seorang pemimpin yang ideal dan juga kelompok yang dipimpinnya. Segala bentuk tingkah laku yang hadir dari seorang pemimpin yang ideal akan selalu diiringi dengan unsur cinta yang akan meminimalisir bentuk kecurangan juga hal-hal buruk lainnya. Kelompok yang dipimpinnya pun akan mampu mencintai pemimpin tersebut tanpa adanya unsur paksaan yang berlebih pemimpin yang disenangi jelas akan mampu menciptakan tindakan dengan cinta yang terkoordinir rapih untuk kemajuan.

Nah sahabat Motivasinews.com, sudah siapkah Anda untuk menjadi Pemimpin yang nge-Hits?

Bravo…!

Penulis  : Lilique
Sumber : Berbagai sumber

Kode unik: M#inspirasi84

Sponsored