4 Manfaat Luar Biasa Membantu Orang Lain

MOTIVASInews.com –┬áSejak duduk di bangku sekolah kita diajarkan untuk membantu orang lain yang membutuhkan bantuan. Selain itu, alasan dalam membantu sesama juga melihat fakta bahwa manusia adalah makhluk sosial. Manusia sejatinya tidak bisa hidup sendiri dan membutuhkan bantuan orang lain.

Membantu sendiri tidak hanya berwujud materi. Kita dapat membantu dan meringankan beban orang lain dengan waktu, tenaga dan semangat. Membantu bermanfaat bagi orang yang diberi bantuan dan pemberi bantuan. Apa sajakah manfaat tersembunyi dari membantu sesama? Berikut 4 manfaat luar biasa membantu orang lain yang membutuhkan pertolongan.

Menularkan Kebaikan pada Orang Lain

Membantu seseorang tanpa mengharapkan imbalan dan dengan niat tulus disebut juga altruisme. Kegiatan membantu orang lain ternyata dapat menimbulkan aksi dan reaksi. Orang cenderung mau membantu sesama jika dia melihat orang lain melakukan aksi kebaikan. Bayangkan saja jika satu orang membantu orang lain dan menyebar sampai di tingkat masyarakat. Sudah berapa banyak perubahan positif yang terjadi?

Membuat Hidup Kita Lebih Bahagia

Ahli sosiologi di Amerika Serikat pernah meneliti orang-orang berdasarkan tingkat kebahagiaan mereka. Hasil penelitian tersebut memperlihatkan orang-orang dengan kategori sangat bahagia memiliki pengalaman di bidang kegiatan sukarela. Membantu orang lain akan meningkatkan kehidupan kita menjadi lebih baik. Sebab, hati kita senang karena membantu sesama dan fisik menjadi semakin aktif.

Meningkatkan Sinergi di Lingkungan Sekitar

Membantu orang lain ternyata mampu memperkuat sinergi. Saat kita mau membantu dan tergabung dalam kegiatan sukarela, kita akan bertemu orang-orang dengan tujuan yang sama. Hal ini berguna dalam mencari solusi tepat terhadap kesulitan yang dialami orang lain atau masyarakat. Melalui membantu orang lain juga, kita dan orang di sekitar kita akan terinspirasi dan terberdayakan.

Mencegah Terserang Penyakit Kronis

Saat kita mau membantu orang lain biasanya kita akan merasa diri kita tidak lagi sendiri. Inilah salah satu manfaat sosial dari membantu sesama. Ketika seseorang membantu orang lain, perasaan sendiri akan menghilang dan stres pun berkurang. Fisik kita juga menjadi lebih aktif. Efeknya kita terhindar dari penyakit kronis seperti stroke, diabetes, tekanan darah tinggi, serangan jantung dan lainnya.

Nah, itulah manfaat luar biasa membantu sesama. Jangan ragu membantu orang lain ya!

Kode unik: KLIK di sini

Sponsored

LEAVE A REPLY