Bahaya! Ini Tanda Anda Korban Pelecehan Seksual di Tempat Kerja

Bahaya, ini Tanda Anda Korban Pelecehan Seksual di Tempat Kerja - Motivasinews.com

MOTIVASInews.com – Namanya pelecehan seksual bisa terjadi pada siapa saja dan dimana saja, tidak melulu terkait satu gender. Wanita saja, misalnya. Pelecehan seksual juga bisa terjadi pada pria, dan bisa terjadi di tempat tak terduga seperti kantor.

Nah… kalau Anda mengalami keenam hal berikut ini, menurut pakar, Anda termasuk salah satu korban pelecehan seksual di tempat kerja. Apa saja itu?

1. Anda mengalami perilaku seksual yang membuat Anda merasa tidak nyaman

Bahaya, ini Tanda Anda Korban Pelecehan Seksual di Tempat Kerja - Motivasinews.comEllen Bravo, pakar dari Family Values @ Work, sebuah jaringan koalisi yang bekerja untuk kebijakan keluarga harmonis, mengatakan kepada Business Insider bahwa jika Anda disentuh dengan sengaja dan itu tidak pantas, maka Anda telah mengalami tanda pertama pelecehan seksual.

Contoh lain adalah jika seseorang:

• Berdiri terlalu dekat dan berbicara dengan cara yang intim.

• Terus melihat atau mengomentari tubuh Anda dengan cara yang bikin tidak nyaman. Beda loh antara mengatakan “gaun yang bagus” dengan “gaun itu benar-benar memamerkan lekuk tubuhmu.”

• Menanyakan kepada Anda tentang kehidupan pribadi Anda, termasuk pengalaman romantis atau seksual Anda.

• Membicarakan pengalaman seksual mereka sendiri.

• Terus berusaha untuk bertemu Anda sendirian di luar pekerjaan.

• Memperlihatkan hal-hal berbau pornografi, atau juga memancing Anda berbicara tentang film atau lagu yang bernuansa seksual.

2. Anda tidak dapat menghentikannya

Menurut Bravo, jika Anda telah mencoba berbagai cara untuk mengatakan, ‘Saya tidak menyukai ini dan tidak ingin terlibat, mendengar, atau diperlakukan seperti ini,’ tapi dia tidak menghentikan perilakunya, maka itu indikator yang jelas.

3. Anda merasa tertekan dan terpaksa

“Entah secara eksplisit atau implisit, Anda merasa tidak bisa menghindar atau mengakhiri perilakunya,” kata Bravo.

4. Anda tidak nyaman mengajukan keluhan

Bahaya, ini Tanda Anda Korban Pelecehan Seksual di Tempat Kerja - Motivasinews.com“Anda mungkin kurang mendapat informasi tentang layanan untuk pelaporan kasus pelecehan, atau takut tidak akan dipercaya, atau merasa malu atau tidak kompeten karena Anda tidak dapat menanganinya sendiri,” kata Bravo. “Anda mungkin juga tidak mau untuk “mencelakai” seseorang, karena apa yang sebenarnya Anda inginkan adalah agar perilakunya berhenti.”

5. Anda takut akibat yang ditimbulkan jika Anda angkat bicara

Bahaya, ini Tanda Anda Korban Pelecehan Seksual di Tempat Kerja - Motivasinews.comJika Anda pernah mendengar atau melihat orang lain direndahkan, dikritik, atau karirnya hancur karena angkat bicara, menurut Bravo itu sudah masuk tahap berbahaya.

6. Anda merasa gender menjadi akar masalah

Bahaya, ini Tanda Anda Korban Pelecehan Seksual di Tempat Kerja - Motivasinews.comJika Anda curiga telah mendapat waktu shift berbeda, pekerjaan yang berbeda, atau dilewatkan dalam promosi karena jenis kelamin Anda, maka ini juga bisa dianggap sebagai pelecehan seksual.

Semoga saja Anda tidak mengalami keenam tanda pelecehan seksual tadi. Jika bukan untuk Anda, setidaknya informasi ini bisa Anda bagi dengan rekan kerja agar sama-sama bisa waspada dan cepat mencari solusinya jika terjadi.

Sponsored