Berpikir Punya Anak Lagi? Pikirkan Ini!

Berpikir Punya Anak Lagi? Pikirkan Ini! - Motivasinews.com

Motivasinews.com – Menjadi orang tua cenderung menyita banyak perhatian bagi pasangan. Dan ketika mereka memutuskan untuk menambah anak dan memperbesar keluarga, seringkali baik istri maupun suami tidak mendapat dukungan yang sama, atau memiliki visi yang sama.

Memang menyenangkan bisa menambah anggota keluarga baru, rumah akan menjadi lebih hidup. Namun sebelum jauh melangkah kesana, simak dulu yuk tips sebelum memiliki anak kedua.

Membuat keputusan bersama

Berpikir Punya Anak Lagi? Pikirkan Ini! - Motivasinews.com

Pasangan bahagia yang memiliki anak cenderung membuat keputusan bersama sebelum menjadi orang tua. Jika Kedua orangtua memiliki pendapat dan keinginan yang sama dalam proses pengambilan keputusan, mereka cenderung lebih mudah menangani persoalan, dan keluarga berkembang dengan lebih baik.

Jika berniat memiliki anak kedua, diskusikan bersama dan rencanakan apa yang diinginkan. Pikirkan hal-hal berikut ini:

  • Berapa jumlah anak yang ada dalam bayangan Anda dan pasangan?
  • Berapa tahun jarak lahir antara masing-masing anak?
  • Peran apa yang akan dimiliki anak-anak Anda di masa depan? Apakah itu akan membuat perubahan?

Tekanan keuangan

Berpikir Punya Anak Lagi? Pikirkan Ini! - Motivasinews.com

 

Memiliki anak berarti Anda dan pasangan membutuhkan biaya, dan itu tidak sedikit. Anak-anak itu “mahal.” Dan ketika Anda berpikir untuk memiliki anak berikutnya, maka Anda perlu memilikirkan biaya tambahan untuk itu. Bisa jadi, pengeluaran Anda akan semakin ketat. Biasanya pria cenderung banyak menghabiskan waktu di tempat kerja, ketika keluarga tumbuh. Dan ini juga yang biasanya mengakibatkan ketegangan pada pasangan dan hubungan keluarga.

Jika Anda dan pasangan berencana memiliki anak berikutnya, pertimbangkan hal-hal berikut ini:

  • Apakah Anda dan pasangan dapat sama-sama bekerja ketika memiliki anak berikutnya?
  • Apakah satu diantara Anda dan pasangan diharapkan bekerja ekstra untuk mendapat tambahan penghasilan?
  • Apakah Anda mampu membayar nanny atau pengasuh anak?
  •  Apakah ada anggota keluarga atau teman yang bisa membantu mengasuh anak ketika Anda dan pasangan bekerja untuk menutupi biaya?

Itu tadi tips yang perlu semua pasangan pertimbangkan sebelum memutuskan untuk memiliki anak kedua. Karena anak adalah tanggung jawab, akan lebih bijak jika pasangan memikirkan dengan matang kebutuhan yang harus diberikan kepada anak-anak Anda. Anda tidak lantas melahirkan anak dan berperilaku “gimana nanti” bukan?

Sponsored