7 Alasan Kenapa Amazon Bisa Sukses

MOTIVASInews.com – Ketika saya membaca buku The Everything Store: Jeff Bezos and the Age of Amazon, kekaguman saya bertambah pada platform perusahaan e-commerce ini. Bagaimana sebuah perusahaan yang berawal dari kecil, bisa menjadi raksasa seperti sekarang.

Ketika Amazon berdiri tahun 1995, Amazon adalah situs yang hanya menjual buku. Perusahaan tersebut telah mengirimkan buku ke lebih dari 40 negara yang berbeda pada awal usahanya. Mereka yang terbiasa dengan Internet saat ini mungkin tidak menyadari dampak yang dimiliki Amazon pada saat itu. Sejak saat itu, Amazon terus berkembang menjadi salah satu perusahaan online terbesar di dunia.

Pertanyaannya, apa yang membuat Amazon begitu hebat? Berikut adalah 7 alasan mengapa Amazon bisa sukses seperti yang dimuat oleh Snap Agency.

1) Manajemen

Keberhasilan Amazon tidak lepas dari CEO Jeff Bezos dan tim manajemennya, dengan gaya manajemen yang berbeda dari kebanyakan perusahaan lain. Bezos bahkan bisa digambarkan seseorang yang kacau atau tidak teratur. Terlepas dari kepribadiannya yang suka meledak-ledak dan sarkastik, Bezos adalah pemimpin yang cerdas. Dia tahu apa yang berhasil dan tidak, serta tidak takut untuk mengambil risiko.

2) Inovasi

Amazon bukan perusahaan online pertama, tapi mereka adalah salah satu yang paling inovatif. Tentu, perusahaan lain telah menghasilkan miliaran penjualan secara online. Sementara keberhasilan Amazon dimulai dengan satu kategori produk yang sedikit, yaitu buku. Tapi tidak berhenti disitu. Jeff Bezos kemudian menyulap Amazon menjadi “toko serba ada.” Hingga kemudian peluncuran Kindle, yang dibuat khusus bagi penggemar buku atau pembaca e-book. Kode unik: KLIK di sini

3) Customer Service

Amazon secara konsisten menempati urutan teratas dalam daftar kepuasan pelanggan. Bezos percaya bahwa pelanggan harus diperlakukan istimewa. Dia juga percaya bahwa perusahaan seharusnya tidak fokus pada pesaingnya, melainkan lebih pada pelanggannya.

4) Eksekusi

Amazon selalu memilih produk dan layanan yang diinginkan dan dibutuhkan pelanggan. Mereka memiliki pusat distribusi di seluruh dunia yang memungkinkan untuk mengirimkan produk dengan cepat. Dan mereka juga memiliki hubungan vendor yang sangat baik, yang memungkinkan mereka menawarkan diskon harga kepada pelanggan.

5) Keragaman

Mengawali sebagai toko buku online, Amazon sekarang secara harfiah menawarkan segalanya mulai dari sup hingga kacang-kacangan. Perusahaan ini sekarang juga menjual produk musik, buku, elektronik, kesehatan dan kecantikan, otomotif, grosir, dan pakaian.

6) Berani

Bezos memulai Amazon ketika usaha internet masih tidak pasti. Dia adalah seorang VP yang sukses di sebuah perusahaan investasi, namun kemudian berhenti dan memulai perusahaannya sendiri. Sedikit rasa takut atau berani mengambil keputusan, itulah yang mendorongnya secara konsisten merintis perusahaannya hingga menjadi salah satu perusahaan internet terbesar saat ini.

7) Percaya Diri

Pola pikir Bezos “in it to win it”, telah membuat Amazon terus melakukan terobosan melalui strategi baru, sampai akhirnya tahun 2003 mereka membukukan keuntungan pertamanya. Dan sama seperti halnya Apple dan pendirinya Steve Jobs, faktor keberhasilan Amazon sangat erat kaitannya dengan Jeff Bezos. Inovasi dan keinginannya untuk terus bergerak maju telah mendorong perusahaan ini berjalan lebih jauh dari yang diperkirakan para kritikus awal. Tidak peduli bagaimana orang melihatnya, Amazon telah tumbuh dari awal toko buku online kecil menjadi raksasa industri.

Jika usaha Anda ingin sukses seperti Amazon, tidak ada salahnya Anda menerapkan ke-7 formula sukses di atas.

Info mengenai kode unik KLIK aja di sini

Sponsored