Awas, Inilah 4 Kesalahan Besar dalam Mengelola Uang!

Awas, Inilah 4 Kesalahan Besar dalam Mengelola Uang! - Motivasinews.com
sumber gambar : completewellbeing.com

MOTIVASInews.com – Kehidupan kita sehari-hari tentunya tidak bisa dilepaskan dari penggunaan uang. Misalnya mulai untuk makan, bensin, sekolah, berbelanja pakaian dan sebagainya. Atas dasar itulah, orang-orang umumnya juga semangat mencari uang demi kehidupan mereka yang lebih baik.

Nah, ternyata tidak hanya kemampuan mencari uang saja yang perlu kita punya. Sebab, tidak akan ada artinya jika kita tidak bisa mengelola uang yang kita dapatkan. Bersumber dari Forbes dan Business Insider, berikut 4 kesalahan besar pengelolaan keuangan yang harus kita hindari.
Tidak Menabung

Kunci agar kita  mapan secara finansial sangat sederhana yaitu menggunakan uang lebih sedikit dari yang kita hasilkan dan menyimpan uang dalam jangka panjang. Tanpa menabung kita tidak akan bisa membuat sebuah kemajuan apapun.

Jangan pernah menunda untuk menabung. Semakin lama kita menunda menabung, rasanya akan lebih berat. Usahakan untuk mulai menabung setidaknya 10% dari penghasilan yang kita punya. Persentase tabungan mungkin dapat bertambah seiring berjalannya waktu.

Tidak Ada Pengaturan Anggaran

Seringkali kita merasa uang kita cepat habis. Itu karena kita tidak mengatur pengeluaran dengan baik. Ubahlah kebiasaan buruk tersebut. Mulai saat ini rencanakan besaran uang yang akan kita pakai secara jelas.

Misalnya gunakan setengah dari pendapatan yang kita miliki untuk biaya hidup seperti transportasi, makan dan tempat tinggal. Sebesar 30% pendapatan bisa kita pakai untuk dana berlibur, berbelanja dan lainnya. Sedangkan 20% sisanya untuk tabungan dan biaya tidak terduga.

Tidak Memaksimalkan Karir dan Potensi

Terkadang kita enggan memaksimalkan segala potensi yang bisa menjadi sumber pendapatan kita. Bahkan beberapa orang mungkin memilih tidak bekerja dalam waktu yang cukup lama.

Itu tentunya menciptakan keuangan yang tidak sehat. Jika kamu mempunyai potensi atau bakat, kembangkanlah dan jadikanlah hal tersebut sebagai cara kamu mendapatkan uang. Namun, jangan lupa untuk mengonsumsi makan sehat, beristirahat dan tetap menikmati hidup agar kita tetap fit saat bekerja.

Bergantung pada Hutang

Hutang memang kerap menjadi solusi ketika kita membutuhkan uang. Namun, tanpa disadari jika kita selalu berhutang setiap merasa kesulitan, kita bisa mengalami ketergantungan.

Bagi kita yang belum berhutang, sebaiknya jangan mencoba berhutang. Sementara itu, jika kita berhutang pikirkanlah strategi agar kita bisa keluar dari hutang tersebut.

Yuk, kita kelola uang secara cermat!

Sponsored