Kesalahan Saat Memulai Bisnis

Kesalahan Saat Memulai Bisnis - Motivasinews.com

MOTIVASInews.com – Selain bekerja, seseorang juga bisa memperoleh pendapatan dengan menjalankan bisnisnya sendiri. Bisnis terbagi ke dalam beberapa bagian. Ada pebisnis di bidang makanan, pakaian, produk kerajinan, teknologi dan masih banyak lagi. Berbisnis tentu saja membutuhkan berbagai persiapan.

Seorang pengusaha yang sukses dalam menjalankan bisnisnya tentu saja pernah mengalami kesalahan. Nah, di artikel ini kita akan mengetahui apa saja kesalahan yang terjadi saat memulai bisnis. Harapannya kita dapat menghindari kesalahan tersebut ketika berbisnis.
Terlalu Lama Menunggu

Kesalahan yang sering dilakukan pebisnis pemula adalah terlalu lama mengimplementasikan ide bagus mereka. Tidak perlu takut jika hasilnya kurang sempurna atau masih belum seperti harapan kita. Apabila kita menghabiskan waktu untuk banyak berpikir dan tidak mengeksekusi ide yang kita miliki, kita akan kehilangan kesempatan emas. Setelah kita mantap dengan ide yang ada di pikiran kita, wujudkan ide tersebut. Pengalamanlah yang nantinya membantu kita membentuk bisnis dari tidak apa-apa menjadi bisnis luar biasa.

Kurang Fokus pada Pemasaran

Apapun bisnis yang kita jalankan, kita tidak boleh menganggap sebelah mata fungsi dari pemasaran (marketing). Bahkan, bisa dikatakan pemasaran memegang peranan yang krusial. Atas dasar itu, seorang pebisnis seharusnya mau menginvestasikan lebih untuk pemasaran. Namun, perlu diingat pemasaran membutuhkan waktu yang tidak instan. Manfaatkanlah pemasaran menggunakan media sosial maupun pemasaran secara offline.

Masalah Harga yang Tidak Sesuai

Setiap orang termasuk kita tentunya ingin menjalankan bisnis yang bertahan lama, bukan? Bisnis yang kita miliki tidak akan bertahan lama jika kita tidak mengkalkulasi harga dengan baik. Masalah harga (pricing) sangatlah penting untuk bisnis baik terkait bisnis barang maupun jasa. Semuanya harus diperhitungkan dengan cermat. Misalnya kita perlu memperhitungkan gaji karyawan, pajak, sewa tempat, sisa atau limbah bahan yang terbuang dalam bisnis. Perhitungan secara detail mempermudah kita dalam menentukan harga yang tepat dan sesuai.

Pengaturan Anggaran Bisnis Kurang Baik

Pebisnis pemula seringkali melakukan kesalahan ini. Meskipun bisnis yang kita jalankan terlihat sedang berkembang, bukan berarti kita bisa menggunakan anggaran untuk pengeluaran seenaknya. Tetaplah tabung dan gunakan anggaran dengan bijak.
Demikianlah kesalahan yang kerap terjadi saat berbisnis.

Yuk, hindari kesalahan tersebut!

Sponsored