Mau Kaya? Ikuti 5 Langkah Jitu Ini!

Mau Kaya? Ikuti 5 Langkah Jitu Ini! - Motivasinews.com
sumber gambar: english.arabiya.net

MOTIVASInews.com – Siapa yang tidak ingin hidup kaya? Pastinya hampir semua orang menginginkan kehidupan yang mapan dan serba berkecukupan. Apalagi generasi zaman sekarang tentunya juga berpikir keras bagaimana mulai mengubah kehidupan mereka dan mencapai kekayaan.

Sebenarnya menjadi kaya tidak membutuhkan strategi yang sulit dan rumit. Anda hanya diminta menerapkan beberapa langkah secara konsisten. Dilansir dari Entrepreneur, inilah 5 langkah jitu agar menjadi orang kaya.

Hindari Defisit Keuangan

Maksudnya adalah pengeluaran Anda tidak boleh melebihi pemasukan. Sebab, seberapa banyak uang yang Anda hasilkan, namun Anda menjalankan gaya hidup secara boros, Anda tidak akan pernah kaya. Sebaliknya, menyisihkan pendapatan Anda dengan rutin, hasilnya bisa Anda “petik” nantinya.

Bangun Sumber Pendapatan yang Lain

Menurut Warren Buffet, rata-rata miliyarder dunia mempunyai setidaknya 7 sumber pendapatan. Menggantungkan pendapatan hanya pada 1 sumber membuat proses menuju kaya cenderung lebih lambat. Anda bisa membangun sumber pendapatan baru misalnya dengan berdagang, mengajar atau membuka kursus.

Ikuti Aturan 50-30-20

Para ahli finansial menyarankan agar sebagian atau 50% dari pendapatan Anda digunakan dalam memenuhi kebutuhan mendasar. Sedangkan 30% dapat dipakai untuk hiburan dan 20% sisanya harus Anda tabung. Saat Anda mampu menerapkan aturan 50-30-20, langkah Anda menuju kaya semakin dekat.

Tetapkan Tujuan Finansial dengan Cermat

Jika Anda memiliki tujuan yang spesifik, maka Anda akan cenderung bertanggungjawab mengatur keuangan Anda. Contoh tujuan itu misalnya membuka cabang usaha baru. Tanpa perencanaan yang jelas, Anda akan mudah tergoda membelanjakan uang Anda untuk hal yang sama sekali tidak penting.

Bergaul dengan Orang yang Hemat

Menjalin pertemanan bersama orang-orang sukses akan memacu semangat Anda untuk sukses. Anda pun bisa belajar banyak hal dari kesuksesan mereka. Selain itu, pastikan mereka orang yang hemat dan memiliki tujuan keuangan sama. Sehingga, Anda tidak ikut terlibat dalam kegiatan berfoya-foya.

Itulah langkah menjadi kaya yang bisa Anda terapkan mulai dari sekarang. Ayo, ikuti tips di atas ya!

Sponsored