Mau Memulai Bisnis…? Inilah 5 Pertanyaan yang Harus Anda Jawab

Mau Memulai Bisnis...? Inilah 5 Pertanyaan yang Harus Anda Jawab - Motivasinews.com

MOTIVASInews.com – Apakah Anda sudah merasa cukup untuk bekerja dengan orang lain dan mulai berpikir untuk memulai bisnis sendiri? Itu memang menjadi impian semua orang, memiliki bisnis yang dibangun sendiri. Tidak mudah, namun sangat mungkin untuk dilakukan oleh siapa pun. Selama memiliki keinginan kuat.

Namun sebelum memulai bisnis, Anda tentu perlu memahami mengapa bisnis itu bisa berhasil, dan apa saja yang dibutuhkan untuk berkembang. Jika Anda ingin memulai bisnis lokal kecil yang akan memberikan penghasilan sederhana bagi diri Anda sendiri, maka ketahui bahwa Anda menggunakan modal awal untuk membeli pekerjaan.

Itu tidak sulit dan ada ribuan orang yang melakukannya setiap tahun, dan mereka sangat bahagia. Namun jika Anda ingin skala bisnis yang besar, Anda harus merencanakan dengan hati-hati dan memikirkan biaya finansial untuk menjalankan bisnis secara benar.

Sejumlah pertayaan mendasar perlu Anda tanyakan kepada diri sendiri sebelum melangkah. Seperti kelima pertanyaan berikut ini yang diulas oleh Inc.

• Berapa biaya untuk menyediakan barang atau jasa, termasuk waktu/biaya untuk mendapatkan pelanggan, mengumpulkan biaya, dll. Anda harus mempertimbangkan biaya tetap serta biaya variabel dan bagaimana perubahan-perubahan itu tumbuh seiring dengan pertumbuhan bisnis Anda.

• Berapa banyak yang harus Anda bayar untuk membuatnya bernilai? Sebagian besar pengusaha salah mengenai hal ini, dan menjual barang mereka dengan harga rendah karena harga jasa barang mereka adalah keunggulan kompetitif mereka. Itu adalah strategi untuk kalah, siapapun bisa menjual barang Rp 50 ribu seharga Rp 40 ribu. Caranya adalah menjual Rp 50 ribu seharga Rp 60 ribu.

• Anda harus menentukan volume penjualan yang dibutuhkan bagi Anda untuk mencapai titik impas, dan juga volume yang Anda butuhkan untuk memiliki bisnis yang layak yang dapat tumbuh. Jadi jika Anda memiliki aspirasi bisnis dengan penghasilan X Rupiah sebulan/tahun, Anda perlu benar-benar memahami berapa banyak pelanggan yang dibutuhkan untuk mencapainya. Bisnis online dapat memberi Anda ilusi memiliki akses ke “jutaan pelanggan”, namun Anda harus selektif dan fokus untuk benar-benar bisa menjangkau mereka.

• Apakah potensi pengembalian modal Anda yang diinvestasikan (waktu dan uang Anda) sepadan dengan risikonya? Setiap investasi harus seimbang terhadap risiko. Jika Anda ingin menginvestasikan Rp 100 juta dalam bisnis, potensi pengembalian harus (minimal) lebih tinggi daripada yang akan diperoleh investasi dalam Obligasi Negara. Semakin tinggi risiko investasi, semakin tinggi potensi pengembaliannya.

• Bagaimana Anda bisa untung? Ini sangat penting untuk bisnis apa pun. Bisnis lokal yang sukses (biasanya restoran) menjual barang komoditas dasar yang setiap orang sukai, hingga mereka rela berbaris di luar pintu dan mau menunggu berjam-jam untuk makanan mereka. Jika Anda ingin sukses dalam skala luas, Anda harus memikirkan cara agar pelanggan menyukai produk atau layanan Anda sehingga mereka bisa berbaris untuk mendapatkannya. Jika Anda bisa melakukan itu, tidak akan sulit untuk menghasilkan keuntungan.

Memulai bisnis tidak mutlak soal keberuntungan, namun juga strategi dan kerja keras. Bagaimana, sudah siap terjun dan sukses dengan bisnis sendiri?

Sponsored