MOTIVASInews.com – Buah-buahan biasanya berbentuk bulat atau pun opal. Tapi di Jepang ada buah-buahan dibentuk dengan model-model yang unik, seperti segitiga, kotak, atau hati. Teknik pembuatan bentuk buah hingga berbentuk unik ini disebut sembikkya.

Konon, teknik sembikkya terkenal sejak 200 tahun lalu. Tehnik ini termasuk tehnik tertua dalam sejarah perdagangan buah-buahan dan sayuran di Jepang.

Karena model dari buah unik inilah yang membuat buah tersebut dihargai mahal. Meskipun harganya mencapai hingga ratusan juta rupiah, namun peminat buah dengan bentuk unik ini cukup banyak dan menjadi bisnis yang menguntungkan.

Biasanya di pasar-pasar modern di Jepang semangka ini dibanderol 20 ribu poundsterling atau sekitar Rp 335 ribu juta. Meski bentuk model semangka ini berbentuk unik namun rasa dan ukurannya tetap sama dengan semangka biasanya.

Buah merupakan peluang bisnis yang besar di Jepang. Bahkan, para petani di Jepang menghabiskan bertahun-tahun melakukan budidaya semangka ekstra besar dan berbentuk aneh untuk dijual pada klien dengan harga yang tinggi.

Sponsored