VR (Virtual Reality) Buatan Facebook Turun Harga Lagi

vr

MOTIVASInews.com – Oculus yang merupakan induk perusahaan Facebook, kembali memangkas harga headset VR (Virtual Reality) buatannya. Apakah karena tidak laku?

Spesialis game VR belum lama ini mengumumkan rencananya untuk memotong harga headset Rift-nya menjadi $399 atau sekitar Rp 5,3 juta. Ini adalah dua pertiga dari harga pertama yang dikeluarkan perusahaan tersebut kurang dari lima bulan yang lalu.

Dalam sebuah postingan blog, perusahaan tersebut mengatakan bahwa harga baru untuk headset-nya akan tersedia untuk “waktu terbatas” sebagai bagian dari penjualan musim panas. Sementara itu pada bulan Januari pendiri Oculus, Palmer Luckey, mengatakan bahwa bahkan dengan harga awal $599 atau sekitar Rp 7,9 juta headset Rift tidak memberikan keuntungan bagi Oculus. Sebelumnya Oculus menurunkan harganya menjadi $499 atau sekitar Rp 6,6 juta pada awal bulan Maret.

Facebook sendiri telah membayar 2 miliar dolar untuk Oculus pada tahun 2014. Dan meskipun angka penjualan belum dirilis, banyak analis percaya bahwa headset tersebut kalah dari pesaingnya yaitu HTC dan Sony.

CEO Facebook, Mark Zuckerberg, memang pernah mengatakan bahwa headset VR akan menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari miliaran orang. Namun pada bulan Februari Zuckerberg mengakui bahwa perusahaan virtual reality untuk sementara ini tidak akan menguntungkan.

Kini Rift dijual dengan harga $399, harga yang sama dengan headset PlayStation VR yang dibuat oleh Sony. Sementara Vive yang dikembangkan oleh HTC Corp, dijual seharga $799.

Sponsored