Bukan Baca Buku, Kebiasaan Inilah yang Harus Anda Lakukan

Bukan Baca Buku, Kebiasaan Inilah yang Harus Anda Lakukan - Motivasinews.com

MOTIVASInews.com – Orang cenderung menjawab baca buku, meditasi, atau kerja keras yang menjadi kebiasaan utama orang-orang masa kini bisa sukses. Ternyata bukan. Setidaknya itulah menurut Adam Rifkin, seorang pendiri perusahaan-perusahaan startups yang berbasis di Amerika Serikat.

Rifkin tahu betul pentingnya networking. Dia telah membangun jaringan profesionalnya selama beberapa dekade dengan pola pikir yang justru sederhana, seperti melakukan hal-hal kecil setiap hari untuk meningkatkan hubungan dengan orang lain. Tentu saja dengan niat tulus untuk membantu.

Intip yuk apa saja sih kebiasaan yang harus kita lakukan itu…

Jadikan networking menjadi kebiasaan sehari-hari

Bukan Baca Buku, Kebiasaan Inilah yang Harus Anda Lakukan - Motivasinews.comKetika Anda mulai menjadikan networking sebagai kebiasaan sehari-hari, Anda akan sadar kalau bertemu orang-orang itu tidak melulu untuk memenuhi kebutuhan pribadi secara langsung. Justru bagian terbaiknya adalah Anda bisa dengan lebih mudah membangun jaringan profesional yang penting. Bisa tak terduga juga.

Aktif di LinkedIn

Bukan Baca Buku, Kebiasaan Inilah yang Harus Anda Lakukan - Motivasinews.comLinkedIn telah menjadi “tempat” di internet yang wajib dikunjungi, di mana disana ditampilkan resume dan personal brand Anda. Pastikan profil Anda update terus, aktifkan permintaan koneksi pribadi, dan berkontribusi ke platform dengan menulis artikel, mengomentari posting, atau mengunggah video yang memiliki value. Jika Anda konsisten, orang akan memperhatikan Anda dan Anda bisa membangun koneksi.

Luangkan waktu lima menit untuk membantu

Bukan Baca Buku, Kebiasaan Inilah yang Harus Anda Lakukan - Motivasinews.comAnda bisa saja mengambil tulisan dari blog seseorang yang menurut Anda menarik dan bermanfaat, lalu membaginya ke medsos milik Anda. Biarkan orang yang menulisnya tahu seberapa Anda menyukainya. Ini bisa dilakukan dalam waktu lima menit, bahkan kurang.

Aktif memperkenalkan orang lain tanpa diminta

Bukan Baca Buku, Kebiasaan Inilah yang Harus Anda Lakukan - Motivasinews.comProaktif dan mau memperkenalan orang-orang dalam jaringan Anda untuk meningkatkan jaringan serta menghubungkannya satu sama lain.

Telepon/bertemu langsung dengan orang-orang di luar industri Anda sambil ngopi

Bukan Baca Buku, Kebiasaan Inilah yang Harus Anda Lakukan - Motivasinews.comJika Anda melakukan ini, Anda bukan saja bisa berbagi keahlian dengan orang lain, tapi juga bisa belajar sesuatu yang baru, atau bertemu dengan orang yang tidak akan pernah Anda duga bisa temui.

Menarik bukan? Bahwa kunci utama untuk menjadi sukses di masa kini justru dengan membina networking.

Sponsored