Cara Mudah Agar Berhenti Mengeluh

Cara Mudah Agar Berhenti Mengeluh - Motivasinews.com

MOTIVASInews.com – Disadari atau tidak, kita sebagai manusia kerap sekali mengeluh. Ya, mengeluh karena macet, cuaca panas, antrian panjang, masalah karir, hubungan asmara, pendidikan, hingga terkait finansial.

Mengeluh tidak akan memperbaiki apa yang sekarang kita alami. Dengan mengeluhkan hal-hal di sekitar, hidup kita justru akan terasa semakin buruk dan menderita. Dapat dikatakan jika kebiasaan mengeluh tidak mendatangkan dampak positif apapun. Justru dari mengeluh hubungan yang baik bisa renggang dan kita sendiri merasa tidak tenang.

Mengingat efek buruk dari mengeluh, sudah seharusnya kita berhenti mengeluh. Berikut cara yang dapat kamu terapkan supaya tidak lagi mengeluh!
Tulis Hal yang Patut Disyukuri

Mengeluh membuat kita seolah-olah tidak mendapatkan keberuntungan sama sekali. Padahal, ada banyak hal yang sebenarnya perlu kamu syukuri. Gunakanlah waktumu sebelum tidur dan di pagi hari untuk menulis daftar hal-hal yang dapatkan di hari itu. Setidaknya tuliskan 1 atau 3 hal. Contohnya saja kamu hari itu berhasil mendapatkan hadiah teman, bangun dengan tubuh sehat, bisa mengonsumsi makanan dan mendapat bantuan orang lain.

Bertindaklah Daripada Mengeluh

Saat masalah datang, orang cenderung menggunakan banyak waktunya untuk mengeluh. Misalnya saja ketika motor rusak, laptop tidak dapat digunakan dan deadline pekerjaan menumpuk. Kamu perlu menyadari bahwa mengeluh adalah sbeuah tindakan pasif yang tidak mengubah keadaan. Jangan habiskan waktumu untuk mengeluh! Fokus dan lakukanlah sesuatu untuk mengatasi masalahmu

Ubahlah Sudut Pandang

Pada waktu kamu mengeluh, kamu mungkin merasa dirimu tidak bahagia. Jika kamu mau melihat lebih jauh, segalanya tergantung dengan cara kita melihat sesuatu. Hal yang buruk sekalipun, sebenarnya masih memiliki hikmah tersembunyi di baliknya. Saat kamu ingin mengeluh, ingatlah bahwa kamu hanya perlu bersabar dan terus berusaha yang terbaik.

Berolahraga

Jenis olahraga yang disarankan agar kamu semakin tenang adalah yoga. Dengan melakukan yoga, pikiranmu akan menjadi lebih rileks. Gerakan-gerakan yoga juga menyehatkan tubuhmu dan membuang pikiran negatif di kepalamu. Rutin berolahraga khususnya olahraga yoga akan membantu mengubahmu untuk berhenti mengeluh.

Ayo, lakukan tips di atas dan berhentilah mengeluh!

Sponsored