“Excuse me, I’m looking job just for today, Sir…”

MOTIVASInews.com – “Excuse me, I’m looking job just for today, sir… Could you help me?” Tiba-tiba saja seorang gadis bertubuh agak tambun nyelonong masuk ke ruangan kantor Redaksi Motivasinews.com & Wartawanita.com.

“Sorry….Excuse me, I’m looking job just for today, sir… Could you help me?” Terpana sejenak seraya berpikir, “Mabuk kali ini anak.” Namun, rasa penasaran mengalahkan pikiran spontan tadi. “Silakan duduk,” ujar saya seraya menyeret sebuah kursi dan mempersilakan gadis berkulit sawo matang yang mengenakan sweater biru tua dan celana training berwarna biru muda itu.

Lantas, terjadilah percakapan yang lebih mirip dengan wawancara itu.

Gadis remaja itu ternyata siswa kelas XI di salah satu SMK di Bekasi yang mau ikut lomba menggambar komik art internet di Mangga Dua Square.

Excuse me, I'm looking job for just today, sir - Motivasinews.com
Alice Siti Aliyah “Excuse me, I’m looking job for just today, sir….”

“Saya mau beli alat gambar untuk ikut lomba itu tapi uang saya kurang Rp. 150 ribu,” jawabnya saat ditanya motivasinya mencari kerja yang hanya sehari saja. Selama tanya jawab, dia menjelaskan dengan diselingi bahasa Inggris yang cukup baik — penguasaan kata dan pengucapannya.

Dia lantas bercerita bahwa untuk menutupi kekurangan uangnya itulah dia berkeliling Mangga Dua Square menjajakan tenaganya. Namun, tidak satu pun kantor maupun toko yang memberinya pekerjaan.

“Mereka semua menjawab dengan kalimat yang hampir sama, ‘kami tidak mempekerjakan anak sekolah yang masih di bawah umur, apalagi yang bisa bekerja hanya untuk hari ini saja’. Tapi, saya tetap berkeliling hingga sampe ke kantor ini,” jelasnya lagi.

“Kamu bisa nulis artikel?” tanya saya.

“Saya nggak bisa, pak,” jawabnya.

“Jadi, apa yang bisa kamu kerjakan di tempat saya ini?” tanya saya lagi.

“Biasanya saya diminta untuk menyebarkan brosur, atau pekerjaan lain yang sepantasnya dilakukan,” jawabnya.

Akhirnya, saya minta dia menuliskan biodata dan pengalaman perjalanannya mencari tambahan uang, keliling pertokoan sepanjang hari itu. Kode unik: M#inspirasi84

Alice Siti Aliyah, namanya. Umur 17 tahun. Kedua orang tuanya sudah bercerai saat dia dilahirkan. Itulah sebabnya dia hidup dan dibesarkan oleh eyangnya yang tinggal di Cibubur hingga saat ini.

“Sejak kelas 2 SMP saya selalu mendapatkan semua barang yang saya inginkan dengan cara bekerja paruh waktu seperti ini,” tulisnya di layar komputer. Biasanya di mall-mall yang suka ada pameran, bazar, atau booth yang lagi ngadain promosi, tuturnya lagi.

“Saya nyebarin brosur, atau apa sajalah yang bisa saya kerjakan. Itu semua karena saya tidak ingin merepotkan eyang. Saya tidak pernah minta sama eyang.”

Lantas, dengan rasa penasaran saya bertanya,”Bahasa Inggrismu lumayan bagus, dimana kamu belajar?”

“Dari subtittle dan dialog yang ada di film-film yang saya tonton,” jawabnya — lagi-lagi dengan nada dan mimik yang polos.

Setelah dia selesai menuliskan semua yang saya minta, akhirnya dia pun pamit karena harus menyiapkan segala keperluan untuk mengikuti lomba itu. Saya buru-buru menyisipkan uang yang dia butuhkan.

Penulis  : Bagoes Mashudi

Kode unik: M#inspirasi52

Sponsored