Gawat! Pernikahan Tidak Bahagia Bisa Menyebabkan Sakit Jantung

Gawat! Pernikahan Tidak Bahagia Bisa Menyebabkan Sakit Jantung - Motivasinews.com

MOTIVASInews.com – Mind, body and soul, akan selalu berhubungan. Setidaknya itulah yang kita ketahui. Apa yang terjadi pada jiwa, bisa mempengaruhi raga Anda. Segala sesuatu yang tidak beres yang terjadi pada hubungan sosial, pernikahan, dan sebagainya, ternyata memiliki hubungan dengan kesehatan seseorang. Ini terbukti dari penelitian yang dilakukan di University of Pittsburgh.

“Bukti yang berkembang menunjukkan bahwa kualitas dan pola hubungan sosial seseorang dapat dihubungkan dengan berbagai hasil kesehatan, termasuk penyakit jantung,” kata Thomas Kamarck, profesor psikologi dan biologi serta pemimpin program kesehatan di University of Pittsburgh Kenneth P. Dietrich School of Arts and Sciences. Thomas Kamarck juga adalah penulis penelitian untuk mengetahui korelasi antara pernikahan tidak bahagia dengan arteri karotid yang lebih tebal, dan lebih berisiko terhadap penyakit kardiovaskular atau penyakit jantung.

Sementara itu Nataria Josep, penulis utama penelitian tersebut mengatakan, “Hasil temuan ini mungkin memiliki implikasi yang lebih luas. Hal ini juga menjadi dorongan untuk berpikir bahwa hubungan pernikahan yang romantis dan serius memiliki peran penting dalam kesehatan secara keseluruhan. Biologis, psikologis, dan proses sosial semua berinteraksi dalam menentukan kesehatan fisik.”

Penelitian ini melibatkan 281 orang dewasa setengah baya yang sehat dan bekerja, yang mana semuanya telah menikah atau hidup bersama pasangan dalam hubungan yang seperti sudah menikah. Interaksi mereka dimonitor per jam selama empat hari, kemudian  interaksi mereka dinilai sebagai positif atau negatif.

Sponsored