Hebat! Gamma Abdurrahman Thohir, Remaja 17 Tahun yang Mampu Memotivasi Masyarakat

MOTIVASInews.com — Siapa bilang faktor usia menjadi menjadi sebuah halangan bagi seseorang untuk dapat memotivasi masyarakat sekitar lingkungannya. Contoh nyata telah ditunjukkan oleh Gamma Abdulrahman Thorir, remaja dari Desa Ciptagelar, Sukabumi, Jawa Barat.

Remaja 17 tahun ini mampu memotivasi masyarkat Desa Ciptagelar, Sukabumi, Jawa Barat dengan memberikan bantuan listrik lewat pembangkit listrik mikro yang berbasis air.

Seperti yang diberitakan Kontan (7/10), Gamma menjelaskan proyek mikrohidrologi yang dikembangkan melalui Micro Hydro for Indonesia ini bertujuan meningkatkan akses listrik hingga ke pelosok-pelosok daerah. Dengan adanya bantuan listrik di daerah-daerah tersebut diyakini kesenjangan pasokan listrik akan berkurang.

Apa yang dilakukan dan diperjuangkan Gamma bukanlah kerja instan, memang. Tapi dia melakukan kegiatan sosial ini tahun 2015. Diawali dengan riset, Gamma pun melengkapi perjuangannya dengan memberikan edukasi dan sosialisasi kepada relawan. Tak selesai di situ, dia pun harus menyiapkan proposal yang nantinya akan digunakan untuk mendapatkan dukungan dan pendanaan dari pemerintah daerah terkait.

Gamma berharap, penerapan teknologi mikro hidro di Desa Ciptagelar ini tidak lantas berhenti sebagai kegiatan seremonial belaka. Tapi, dia mengimbau kepada pemerintah agar memberikan perhatian serius. Karena, melalui proyek ini diharapkan masyarakat Ciptagelar dapat mandiri mandiri dalam mengelola teknologi mikro hidro dan memanfaatkan listrik ini.

Atas pencapaiaan dan keberhasilan ini, Gamma pun lantas tidak jumawa dan besar kepala. Dia malah berterimakasih kepada seluruh warga masyarakat yang sudah bekerjakeras, meluangkan waktu, tenaga, dan pikirian demi suksesnya proyek ini.

Apresiasi atas keberhasilan proyek pemanfaat listrik energi terbaharukan ini juga mendapat tanggapan positif dari Wakil Menteri ESDM, Arcanda Tahar. Menurut Arcana Tahar, keberhasilan Gamma dan seluruh timnya dapat dijadikan motivasi dan inspirasi bagi anak-anak muda Indonesia lainnya agar kelak mampu memberikan kontribusi kepada lingkungan masyarakat sekitar.

Selain itu, Arcanda Tahar juga menambahkan, bahwa proyek teknologi mikro hidro ini merupakan sebuah bukti atas kemampuan anak-anak muda Indonesia untuk ikut serta dan berkontribusi kepada masyarakat sekitar. Dan, tidak lupa hal ini juga bisa sebagai pendorong lahirnya energi-energi terbaharukan lainnya.

Nah, setelah membaca artikel ini, setidaknya hal ini akan mendorong tumbuhnya motivasi lebih, khususnya bagi pemuda-pemudi tanah air untuk lebih berkontribusi aktif dalam membangun Indonesia menjadi lebih baik lagi!

 

Sponsored