Ini Dia 4 Rahasia Petenis Juara Dunia Andy Murray

Ini Dia 4 Rahasia Petenis Juara Dunia Andy Murray - Motivasinews.com

MOTIVASInews.com – Siapa yang tidak kenal Andy Murray? Petenis asal Britania Raya yang pernah memenangkan Grand Slam sebanyak dua kali. Petenis berdarah Skotlandia tersebut kini berada di peringkat 3 petenis dunia. Bugar dan sehat tentu menjadi sebuah keharusan untuk menunjang prestasinya di lapangan.

Nah, Anda bisa mengikuti jejak Andy Murray untuk mendapatkan hasil latihan yang lebih maksimal. Simak tips latihan yang menjadi rahasia dari Andy Murray seperti dimuat Men’s Journal berikut ini.

1. Membangun Kekuatan dan Ketangkasan

Menurut fitness trainer Andy Murray, Jez Green, untuk petenis profesional seperti Murray, perlu latihan sistem otot yang giat, agar memperkuat pukulan servis dan forehand. Latihan yang diperlukan diantaranya:

  • Untuk kekuatan: gunakan sebuah medicine ball seberat 2kg pada kedua tangan, dan berlatih dengan memantulkan bola ke dinding. Lakukan sebanyak 5 set, 5 reps.
  • Untuk melatih reaksi bola: bersama seorang partner, lempar bola tenis sebanyak 3 bola ke lapangan. Tujuannya untuk mendapatkan ketiga bola dalam satu kali pantulan. Lakukan sebanyak 3 set, masing-masing 10 kali.
  • Untuk melatih kaki: gunakan rubber exercise band pada kedua pergelangan kaki, tarik oleh kedua tangan, kemudian berjalan.

2. Meningkatkan Waktu Pemulihan

Bagi Satoshi Ochi, pelatih dari strength and conditioning for the U.S. Tennis Association, yang paling penting adalah denyut jantung. Denyut jantung perlu dimonitor agar pemain tahu kapan harus berisitirahat atau berhenti dalam sebuah latihan.

3. Membangun Ketahanan

Berlari zig zag, dan rekam denyut jantung pada masing-masing rep dan setiap waktu istirahat. Mulai dengan 1 rep, kemudian berhenti selama 15 detik. Lalu tambah 1 rep setiap waktu. Ulang rangakaian latihan tersebut dan kemudian turunkan intensitasnya, 1 rep diikuti 15 detik istirahat pada masinng-masing putaran hingga selesai.

4. Atur Pernapasan

Menurut  Dr. Larry Lauer seorang mental-skills specialist dari U.S. Tennis Association, “Bernapas pelan dan dalam menurunkan denyut jantung dan membentuk rasa relaksasi.”

Bernapas melalui hidung, kemudian keluarkan melalui mulut. Ketika menarik napas, tarik hingga ke perut untuk menyuplai oksigen lebih banyak.

Ketika mengeluarkan napas, keluarkan napas dengan menonjolkan mulut dan jaga agar kedua bibir terpisah, seperti seekor ikan.

Demikian 4 rahasia latihan Andy Murray, petenis dunia yang sudah dua kali memenangkan kompetisi Grand Slam.

Sponsored