Kesederhanaan Presiden Jokowi yang Pantas Diteladani

Kesederhanaan Pak Jokowi Yang Patut Dicontoh Oleh Pejabat Lain - Motivasinews.com

MOTIVASInews.com – Jokowi Widodo atau yang kerap disapa Jokowi dikenal oleh seluruh masyarakat Indonesia sebagai presiden yang terkenal sederhana dan merakyat. Hal ini belum pernah Kita lihat dan jumpai pada masa kepemimpinan presiden sebelum-sebelumnya.

Kesederhanaan Jokowi benar-benar ditunjukkan dalam banyak hal, mulai dari penampilan, makanan, bahkan gaya hidup. Tengok saja gayanya yang sempat viral di sosial media saat dia memotong rambutnya di sebuah barbershop.

Potret kesederhanaan Jokowi lainnya bisa Kita lihat dari kesederhanaannya dalam memilih menu makanan. Bukannya memilih makanan jamur truffle yang langka yang per gram nya saja bisa ditukar dengan Iphone dan bisa nyicil motor selama 6 bulan, jokowi malah memilih makanan yang terbilang murah dan sangat sederhana.

Kesederhanaan Jokowi bukanlah sebuah pencintraan, hal tersebut sudah dilakukannya sejak dulu. Bahkan jauh sebelum dirinya menjabat sebagai walikota Solo.

Kesederhanaan Jokowi dalam memilih menu makanannya juga dibenarkan oleh koki istana asal Solo yang bernama Tri Supriharjo yang mengutarakan, Jokowi merupakan sosok yang sangat sederhana.

Kita pasti menduga, seorang presiden bakal memilih makan makanan yang serba mewah dan mahal. Untuk Jokowi, dugaan itu tidak tepat. Sebab, Jokowi lebih memilih makan makanan yang sangat sederhana seperti sayur bening dan oseng-osengan nangka muda yang menjadi makanan favoritnya.

(Baca juga: Kolinda Grabar Kitarovic, Presiden Berbikini Pertama di Dunia)

Menu makanan Jokowi, banyak ditemukan di warteg-warteg, harganya pun sangat murah –cuma ribuan rupiah saja.

Selain itu, Jokowi juga tidak akan pernah lupa dengan lauk khas Indonesia yang legendaris yakni tempe dan tahu bacem, serta ikan teri yang digoreng saja.

Bandingkan dengan dengan para pejabat-pejabat lainnya, yang untuk meeting 1 sampai 2 jam saja, menu makanannya tak ubahnya pesta pernikahan. Pemborosan…? Jelas !!!

Kesederhanaan Jokowi tidak hanya dalam soal menu. Tapi, menurut Tri Supriharjo, Jokowi juga bukan tipe bos yang selalu minta dilayani saat makan. Dia tak segan-segan berdiri untuk mengambil nasinya sendiri.   Luar biasa bukan presiden kita yang satu ini.

Untuk kudapan atau makanan ringan, Presiden Jokowi juga tidak pernah berlebihan. Silakan terka, cemilan atau kudapan apa yang menjadi favorit Jokowi?

Ada yang menjawab singkong goreng..??!!

Keterlaluan banget…., ini cemilan untuk presiden lho… masa presiden kudapannya singkong goreng.

Tetapi fakta itu emang benar sekali, kudapan yang sering dimakan Jokowi adalah singkong goreng, malah kadang-kadang Jokowi memilih kudapan jagung rebus saja.

Bagaimana dengan minuman Jokowi? Untuk hal ini Jokowi suka dengan jus kedondong.

Hadeuh… kayak apa ya rasanya jus kedondong?

Untuk menjaga kesehatannya, Jokowi senang minum jamu. Minuman khas yang satu ini nggak boleh ketinggalan. Alih-alih beli jamu sachet yang harganya 10 ribu per renceng, Jokowi malah lebih memilih jamu buatan koki istana Tri Supriharjo.

Keunikan jamu tersebut, bukan dari rasanya atau bahan-bahan dasar membuat jamunya melainkan dari cangkir unik yang dipakai Jokowi untuk meminum jamu tersebut.

Kalian tahu cangkir Blirik berwarna hijau yang selalu digunakan orang, ketika meminum jamu di Solo? Kelihatan wong deso banget, bukan?. Itulah cangkir jamu yang selalu digunakan Jokowi saat minum jamu.

Gara-gara potret kesederhanaan Pak Jokowi itulah yang membuat dirinya semakin dicintai oleh rakyatnya.

Sebagai bangsa Indonesia, sepatutnyalah kita patut bangga memiliki presiden seperti Jokowi. Keserderhanaan Jokowi, adalah keteladanan yang mestinya kita tiru –setidaknya untuk belajar bagaimana cara hidup sederhana dan tidak menghambur-hamburkan uang.

(Baca juga: dr. Hermawan, SpJp : Dokter Pribadi Presiden nan Ramah dan Selalu Bersyukur)

Sponsored