Lebih Fokus dengan To Do List

0

MOTIVASInews.com – Apakah Anda sibuk atau produktif? Sibuk dan produktif adalah dua hal yang berbeda, jadi jangan terjebak. Tidak sedikit orang merasa sibuk namun tidak bergerak kemana-mana alias stuck. Apa yang salah?

Beberapa pengusaha mengatakan bahwa untuk tetap fokus adalah tantangan besar. Jadi sangat penting untuk memiliki rencana berkelanjutan untuk membuat Anda tetap pada jalur, yaitu sebuah garis besar tujuan yang tertulis yang bisa membuat Anda berada dalam jangkauan dan menunjukan apa saja yang ingin Anda capai setiap harinya.

Langkah yang bisa ditempuh untuk itu adalah dengan menyisihkan sekitar satu jam setiap Minggu malam untuk memetakan kegiatan atau hasil yang ingin Anda raih selama seminggu ke depan. Dimulai dari Senin hingga Jumat. Semakin rinci kalender Anda, maka Anda akan semakin siap dan fokus. Mendedikasikan prioritas Anda ke dalam tulisan atau kata-kata akan membuat lebih fokus secara mental.

Meski begitu, gangguan masih bisa menggagalkan rencana Anda. Misalnya terjebak oleh panggilan telepon, email dan hal-hal lain yang bisa saja muncul. Nah, metode to-do list di bawah ini bisa Anda implementasikan agar Anda tidak terbebani.
1. Lakukan Segera

Jika sebuah tugas telah memenuhi prioritas, maka Anda bisa melakukan hal lain dengan waktu Anda.

2. Delegasi

Orang lain dapat dan seharusnya melakukan sesuatu untuk menghemat waktu Anda. Bahkan pemilik usaha mikro pun bisa mendapatkan keuntungan dari orang magang atau karyawan paruh waktu.

3. Buang

Tanyakan kepada diri sendiri, apakah ini akan menghasilkan uang untuk Anda sekarang atau kapan saja di masa depan? Apakah itu memenuhi prioritas Anda saat ini? Jika jawabannya tidak, segera buang.

4. Tangguhkan

Beberapa item mungkin menarik tapi tidak sensitif terhadap waktu atau prioritas yang tinggi saat itu. Tunda dan simpan mereka ke waktu yang lebih tepat.

Demikian 4 hal yang bisa membuat Anda lebih fokus terhadap to-do list di pekerjaan Anda.
Sponsored