Ssttt… Ini Nih 10 Ide Buat Dapat Uang Tambahan

Ssttt... Ini Nih 10 Ide Buat Dapat Uang Tambahan - Motivasinews.com

MOTIVASInews.com – Semua orang kayaknya suka uang ya… Kalau pun ada yang tidak suka, jumlahnya mungkin seperti jumlah mata air yang ada di gurun pasir. Jarang banget. Anda lagi butuh ide biar dapat uang tambahan?

Wajar kok kalau Anda selalu butuh uang tambahan, bukan berarti serakah, karena keseharian manusia memang tak bisa lepas dari uang. Banyak kebutuhan hidup yang harus dibeli dengan uang. Makanya seberapa pun jumlah uangnya, selalu dirasa tak cukup.

Nah, ini dia 10 ide agar Anda bisa mendapat uang tambahan:

1. Konsultan/Pelatih

Pas nih kalau Anda punya keahlian khusus. Bisa dijadikan sumber keuangan. Contohnya di bidang hukum, teknologi, bisnis, desain interior, dan masih banyak lagi. Konsultasi atau pembinaan bisa menjadi bisnis sampingan yang menguntungkan karena mudah dan terjangkau, karena Anda sudah memiliki pengetahuan dan pengalaman.

2. Tenaga Lepas/Freelance

Keuntungan pekerjaan ini adalah fleksibel dan tak butuh komitmen jangka panjang. Pekerjaan yang bisa dilakukan berupa menulis konten atau mendesain logo, membuat iklan produk, atau bidang lain tergantung minat dan bakat Anda.

3. Penyewaan Kendaraan

Jika punya mobil, Anda bisa mulai memanfaatkannya dengan menyewakannya kapan pun ketika Anda tidak menggunakannya. Kalau masih was-was buat melepas kunci, Anda bisa menjadi supir untuk Uber atau bermacam platform transportasi lainnya.

4. Jual Barang Secara Online

Salah satu cara termudah yang bisa menghasilkan uang sampingan adalah dengan menjual barang yang sudah Anda miliki. Punya barang yang selama ini cuma buat sempit garasi atau ruangan? Segera jual di berbagai situs jual beli.

5. Jualan Secara Langsung

Metode lain yang bisa dilakukan adalah melalui penjualan secara langsung, dan bisa mendapat uang tunai. Misalnya produk seperti Tupperware dan Avon dan masih banyak perusahaan yang menawarkan peluang direct selling dari mulai kosmetik hingga vitamin.

6. Buat Kerajinan

Ini sangat pas buat Anda yang kreatif dan berbakat merancang dan membuat perhiasan, pakaian, furnitur, atau asesoris. Bahkan Anda bisa membuat toko Anda sendiri di Etsy atau jualan di Instagram atau platform toko online lainnya.

7. Menerbitkan E-Book

Buat yang sudah menulis blog bertahun-tahun dan punya bahan tulisan yang Anda kuasai, Anda bisa membuat e-book dan menjualnya di berbagai toko online seperti Amazon, Google Book, Nook atau iBooks. Anda bisa menulis e-book non-fiksi seperti resep masakan, atau fiksi seperti novel atau kumpulan puisi.

8. Tutor/ Pengajar

Percaya atau tidak, setiap orang memiliki sesuatu yang bisa mereka ajarkan kepada orang lain. Bisa apa saja, misalnya cara bermain gitar hingga bagaimana berbicara bahasa Inggris atau Mandarin. Banyak pula sekolah-sekolah atau individu yang membutuhkan tenaga lepas untuk ini.

9. Menyewakan Barang

Jika Anda tidak ingin menjualnya, Anda bisa menyewakannya. Anda bisa menggunakan situs seperti Zilok untuk ini. Disana Anda dapat menyewakan apapun dari mula perabotan, hingga konsol video game. Atau, Anda juga bisa menyewakan garasi, tempat parkir, atau area di lingkungan rumah yang tak terpakai. Bahkan menyewakan kamar di situs AirBnb.

10. Fotografi

Buat yang suka fotografi, kepuasan Anda bisa berlipat. Karena selain melihat hasil jepretan Anda digunakan orang lain, Anda juga mendapat uang dari itu. Hasil foto Anda bisa dijual di situs-situs seperti Shutterstock. Atau, Anda bisa mendapat uang dari proyek foto pre wedding orang-orang terdekat Anda, malah syukur-syukur lebih luas dari itu.

Itu tadi 10 ide untuk mendapatkan uang tambahan. Semua kembali kepada minat dan keahlian Anda. Jadi, mau mulai kapan?

Sponsored