Komunitas Jazz Kemayoran, Perkumpulan Pecinta Musik Jazz

Komunitas-Jazz-Kemayoran

MOTIVASInews.com — Komunitas Jazz Kemayoran (KJK) didirikan oleh Beben Jazz (guitar, vocal, trumpet), pada Rabu 17 Maret 2004 di Kemayoran rumah kediaman Beben Jazz.

Beben adalah seorang Dosen Seni Musik sebuah perguruan Tinggi Swasta Universitas Pelita Harapan, menyebutkan, sejak pertemuan pertama-nya yang hanya di hadiri oleh 14 orang kini tidak kurang 1.000 orang telah tergabung dalam Komunitas Jazz Kemayoran, serta 500 anggota miling list yang aktif/pasif.

Lebih jauh Beben  mengungkapkan dari tidak memiliki group Jazz Band, kini, paling tidak ada 100 group Jazz Band yang lahir dari KJK, maupun yang bergabung setelah terbentuk.

Untuk mensosialisasikan tentang Jazz ke penggemar musik Jazz, maupun masyarakat umum, komunitas ini melakukannya melalui pengenalan konsep “Belajar lewat Jazz”, karena banyak hal yang bisa dipelajari dari Jazz. Baik Ilmu musik, sejarah maupun makna filosopis yang terkandung di dalam Jazz, yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari hari.

Masyarakat pada umumnya mengenal musik Jazz, sebagai musik untuk kalangan tertentu.  Bahkan, ada yang beranggapan bila musik Jazz hanya untuk kalangan orang tua saja. Sebernarnya jiwa Jazz tidak demikian, Jazz untuk siapa saja, Jazz untuk segala usia, Jazz untuk segala bangsa dan kalangan. Itulah salah satu nilai yang coba dikembalikan, diperjuangkan oleh KJK.

KJK, terus membina anggotanya agar dapat menjadi manusia yang bermanfaat bagi dirinya sendiri, keluarga, masyrakat dan negara. Lewat KJK yang semula hanya hobi Jazz akhirnya bisa mendapatkan penghasilan dari Jazz, bahkan hidup dari Jazz. Dan akhirnya juga dapat mewujudkan impiannya main di festival skala nasional maupun internasional lewat KJK.

KJK pernah membuat suatu rekor, yaitu “bermain Jazz 31 Jam non-stop” yang didukung oleh 41 Group Jazz Band yang berasal dari KJK dan dicatat oleh Indonesian Book of Record. Dan yang perlu dicatat pula, setiap tahunnya selalu ada wakil dari KJK, yang bermain di dalam event Jazz yang bertaraf nasional maupun internasional seperti, Jazz Goes to Campuss, Java Jazz Festival, JakJazz, Bali Jazz Festival, Asean Jazz Festival, Ngayog Jazz dll.

Beben Jazz, Pendiri Komunitas Jazz Kemayoran

Penulis : erison a

Anak Artis di Indonesia yang Cantik dan Bertalenta Tinggi Saat Remaja.

Sponsored