Cinta dan Nafsu Bisa Dibedakan Lewat Mata

MOTIVASInews.com – Sering tersesat waktu membedakan antara cinta dan nafsu? Gampang saja. Lihat matanya. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di University of Chicago, pergerakan mata dapat membedakan apakah seseorang hanya tertarik kepada kita secara nafsu, atau memang karena benar-benar cinta.

Pada tahapan berkencan, kita cenderung masih meraba-raba hasrat teman kencan terhadap kita. Biasanya muncul berbagai pertanyaan, bahkan keraguan. Tenang, tak perlu risau karena hal ini bisa diatasi. Cukup dengan memperhatikan cara dia memandang Anda. Jadi benar kata pepatah, mata adalah jendela hati. Mari kita mulai melihatnya dari sana.

Hal ini dikuatkan oleh penemuan para peneliti dari University of Chicago. Mereka menyatakan bahwa pola mata seseorang yang berkonsentrasi pada wajah orang yang baru dikenal, dapat mengetahui apakah dia tertarik untuk menjalin hubungan romantis, atau tertarik karena dorongan seksual saja.

“Walaupun sedikit diketahui mengenai ilmu cinta pada pandangan pertama, atau bagaimana seseorang bisa jatuh cinta, pola-pola respon ini memberikan petunjuk pertama mengenai proses perhatian. Contohnya seperti pandangan mata yang dapat membedakan antara perasaan cinta atau gairah semata,” kata penulis penelitian, Stephanie Cacioppo, yang juga merupakan direktur dari University of Chicago High-Performance Electrical NeuroImaging Laboratory.

Penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Cacioppo telah menunjukkan, bahwa jaringan yang berbeda di daerah otak diaktifkan oleh cinta dan hasrat seksual. Dalam studi ini tim melakukan dua percobaan untuk menguji pola visual dalam upaya untuk menilai dua hal yang berbeda. Yaitu keadaan emosional dan kognitif yang memang sering sulit untuk dipisahkan satu sama lain, yaitu cinta romantis dan hasrat seksual atau nafsu.

Nah, pastikan Anda perhatikan sorot matanya ketika berbicara dengan si dia nanti ya… Tentu saja, libatkan pula intuisi dan daya nalar Anda.

Sponsored