Bukit Kasih, Simbol Perdamaian Umat Beragama

Bukit Kasih, Simbol Perdamaian Umat Beragama - Motivasinews.com

MOTIVASInews.com – Bukit Kasih merupakan salah satu tempat wisata di Sulawesi Utara. Konon obyek wisata ini dinamakan Bukit Kasih karena dua alasan. Pertama, di bukit ini pernah muncul sebuah legenda tentang sepasang ibu-anak yang saling jatuh cinta lalu menikah. Tak heran jika salah satu sisi bukit dibuatkan patung wajah Toar (sang anak) dan Limumuut (sang ibu) yang diyakini sebagai nenek moyang Suku Minahasa.

Alasan kedua adalah bukit ini menjadi simbol cinta kasih dan perdamaian antar umat beragama. Dapat dimaklumi karena masyarakat Sulawesi Utara sangat menjunjung tinggi rasa toleransi dan kebersamaan antar umat beragama. Seperti semboyannya dalam kehidupan keseharian masyarakat Sulawesi Utara yaitu “Torang Samua Ba’saudara”, yang artinya “Kita semua bersaudara”.

Di puncak Bukit Kasih ini Anda akan menemukan 5 tempat ibadah dari 5 agama yang diakui di Indonesia, yaitu Masjid (Islam), 2 Gereja (Katholik dan Kristen Protestan), Vihara (Buddha), dan Pura (Hindu). Selain kelima tempat ibadah ada juga beberapa kolam air panas berukuran kecil, cukup untuk merendam kaki Anda setelah perjalanan jauh.

Pada pintu masuk komplek wisata ini terdapat sebuah monumen atau tugu dengan tinggi sekitar 22 meter. Monumen ini dinamai Tugu Toleransi. Dinamai Tugu Toleransi karena tugu ini berbentuk segi lima, dan disetiap sisinya terdapat ukiran gambar dan simbol serta kutipan ayat Kitab Suci dari masing-masing agama.

Bukit kasih adalah bukit belerang yang masih aktif dan memiliki atmosfir yang dingin. Dibangun pada tahun 2002 sebagai pusat spiritual di mana para penganut agama dari berbagai agama dapat berkumpul, bermeditasi dan beribadah berdampingan di bukit  yang memiliki udara sejuk ini. Pemandangan di sekitar bukit kasih masih sangat asri dan hijau.

Tempat wisata Bukit Kasih terletak di Desa Kanonangan, Kecamatan Kawangkoan, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara. Berada di sekitar 55 Km sebelah selatan Kota Manado dan membutuhkan waktu sekitar 90 menit.

Sponsored