Legenda Ikan Sakti di Sungai Janiah Nagari Tabek Panjang

ikan janiah

MOTIVASInews.com – Sungai Janiah Nagari Tabek Panjang, Kecamatan Baso Kabupaten Agam Sumbar sudah lama terkenal memiliki legenda ikan sakti. Sungai Janiah bukanlah sebuah sungai berair jernih, tapi hanya sebuah kolam ikan di belakang sebuah mesjid yang airnya tidak jernih.

Para pengunjung ke sana hanya datang untuk melihat ikan-ikan. Penduduk di sana tidak ada yang tahu jenis ikan, yang rata-rata panjangnya satu meteran hingga yang kecil 10 cm. Ikan-ikan tersebut berwarna gelap, berbadan ramping dan panjang. Orang-orang di sana hanya tahu ikan-ikan tersebut sakti dan sudah ada sejak zaman dulu. Penduduk sekitar memiliki legenda bahwa nenek moyang ikan di sana berasal dari seorang anak perempuan.

Menurut cerita masyarakat sekitar, asal mula ikan yang ada di Sungai Janiah dari penjelmaan anak manusia yang telah hilang dan tidak berhasil ditemukan oleh kedua orangtuanya. Hingga akhirnya kedua orangtuanya itu mendapatkan mimpi kalau anaknya ada di sungai Janiah menjadi ikan.

Sejak dulu tidak ada yang berani memakan ikan di Sungai Janiah ini, bahkan Belanda dan Jepang tidak berani menjamah ikan ini. “Ikan ini tidak bisa dimasak, sampai kering minyak atau air, ikan ini tetap saja tidak bisa matang.”

Jika ada yang mati, ikan sakti ini akan dikubur, bahkan untuk ukuran yang besar akan dikafankan selayaknya manusia.

Di lokasi yang terletak 3,5 km dari sebuah simpang sebelum Pasar Baso di tepi jalan raya Bukittinggi-Payakumbuh atau 30 Km dari Batu Nan Limo, kini dijadikan objek wisata.

Penulis : erison a

Kue Cucur yang Menggiurkan

Sponsored