Panco Jempol Kaki? Hanya Ada di Negara Ini!

Panco Jempol Kaki? Hanya Ada di Negara Ini - Motivasinews.com
sumber gambar: soha.vn

MOTIVASInews.com – Lomba biasanya diselenggarakan untuk memperingati hari-hari tertentu misalnya saat kemerdekaan, perayaan lembaga atau kota. Jenis lomba yang umum di negara kita antara lain lomba menyanyi, menari, makan kerupuk, olimpiade pelajaran serta lomba di bidang olahraga.

Adanya suatu lomba kerap menjadi daya tarik tidak hanya bagi peserta, tetapi juga penonton yang menyaksikan perlombaan tersebut. Nah, ternyata ada lomba sangat unik yang mungkin tidak bisa kita temukan di belahan bumi lainnya. Lomba itu bernama toe wrestling atau panco jempol kaki.

Dilansir dari Euro News, lomba panco jempol kaki awalnya ditemukan dan dimulai di Ye Olde Royal Oak Inn yang terletak di Desa Wetton. Kompetisi panco kaki dilangsungkan pertama kali pada tahun 1976. Sekelompok pejalan kaki memikirkan olahraga jenis baru yang tidak pernah ada sebelumnya.

Terdapat alasan menarik mengapa para pejalan kaki memutuskan lomba panco jempol kaki. Ketika tahun 1970-an sebenarnya sudah ada banyak cabang olahraga. Namun, pejalan kaki yang sekaligus warga Inggris menyadari bahwa Inggris belum memenangkan olahraga apapun. Mereka ingin menciptakan lomba yang hanya bisa dimenangkan orang Inggris.

Hasil diskusi para pejalan kaki tersebut menyepakati lomba panco jempol kaki. Hal yang menarik adalah lomba panco jempol kaki rutin diadakan setiap tahun setelah lomba ditemukan.

Peserta kompetisi panco jempol kaki nantinya berada di arena khusus dan tidak boleh menggunakan alas kaki apapun. Jempol kaki antara peserta satu dan peserta lain harus didekatkan terlebih dahulu. Kemudian, jempol-jempol kaki baru bisa menjepit dan mendorong satu sama lain.

Lomba panco kaki terbagi ke dalam 3 ronde, dengan setiap ronde diberi waktu 3 detik. Pertama, peserta menggunakan jempol kaki kiri, lalu jempol kaki kanan dan kembali lagi ke jempol kaki kiri. Alan “Nasty” Nash sepertinya berhasil membuktikan lomba itu tidak sia-sia dibuat. Pria Inggris tersebut mampu menjadi juara selama 14 kali berturut-turut.

Meskipun demikian, setiap peserta panco jempol kaki harus melewati pemeriksaan kesehatan sebelum diperkenankan mengikuti lomba. Kini lomba panco kaki diikuti peserta dari berbagai negara di dunia.

Apakah Anda juga tertarik mengikuti panco jempol kaki tersebut?

Sponsored