Ritual Pernikahan yang Unik di Dunia

Ritual Pernikahan yang Unik di Dunia - Motivasinews.com

MOTIVASInews.com – Lazimnya pernikahan adalah suatu acara untuk mengikat janji suci dan menjadi satu momen penting dan secara umum adanya mempelai, akad dan saksi maka sah lah pernikahan tersebut. Adapun acara ritual-ritualnya itu hanyalah mengikuti adat suatu daerah saja dimana acara pernikahan itu berlangsung.

Memang pada umumnya pernikahan berlangsung seperti itu, tapi tidak untuk di wilayah ataupun negara-negara lain. Banyak ritual-ritual pernikahan yang mungkin aneh atau bisa terbilang nyeleneh.

Berikut beberapa ritual pernikahan di dunia yang terbilang aneh dan nyeleneh :

1.  Ritual tukaran istri untuk mengusir atau membunuh roh jahat

Mungkin cerita atau kisah-kisah tukaran istri mungkin hanya cerita-cerita bualan belaka yang tidak jelas esensinya. Namun, ternyata siapa sangka hal ini ada di dunia nyata, sebuah suku, di negara Serbia Timur, konon, melakukan ritual tukar istri ini.

Jadi, ada masa dimana seorang laki-laki yang sudah beristri melakukan sebuah kesepakatan untuk melakukan bertukar pasangan masing-masing. Dan konon, hal ini dilakukan agar roh-roh jahat bisa terbunuh. Selain itu, dalam ritual ini, untuk seorang wanita cukup lazim untuk memiliki lebih dari satu laki-laki atau beberapa pasangan (suami) sekaligus.

2. Ritual wanita yang memilih pria untuk pasangan hidup

Pada umumnya setiap orang memiliki hak dalam memilih pasangan hidup, namun tidak dengan suku Kreung yang berada di negara Kamboja. Suku ini mempunya cara unik sendiri untuk mendapatkan kekasih atau pasangan hidup dan hanya wanita yang memiliki hak atau berperan aktif untuk memilih pasangan.

Biasanya wanita suku kreung yang sudah remaja, akan tinggal di pondok sederhana yang sengaja dibuat oleh orang tua si gadis. Setelah itu, seorang pria diijinkan bertamu bahkan hingga menginap satu malam bersama sang gadis.

Dalam ritual ini pria dan gadis kreung syah-syah saja melakukan percintaan layaknya hubungan suami isteri beneran. Namun tidak semua pria akan mendapat kesempatan yang sama. Hanya pria dengan kriteria si gadis saja yang diijinkan untuk “bercinta” denganya. Pria yang ditolak untuk bercintapun tidak akan berani memaksa, sebab jika nekat memaksa maka hukum adat akan dikenakan padanya.

3. Mencuri Istri atau mencuri suami orang lain untuk dijadikan pasangan barunya

Sejak kecil suku Wodaabe di Negeria telah dinikahkan secara tradisi, pernikahan pertama yang mereka alami harus diantara sepupu yang seumur. Pada saat beranjak dewasa, barulah mereka mencari wanita lain yang akan dijadikan pendamping hidup sebenarnya. Wanita lain yang dimaksud adalah wanita yang telah menikah menurut tradisi, karena itulah festival ini disebut festival mencuri istri.

Dalam Festival mencuri istri ini, para pemuda Wodaabe akan berdandan setampan mungkin dan akan menari dan bernyanyi untuk bisa menarik perhatian perempuan muda sehingga bisa mengajaknya menikah.

Siapa saja yang memenangkan acara tradisi ini memiliki hak untuk memilih wanita yang diinginkan. Meski wanita itu istri dari orang lain, dia berhak mengambilnya dan dianggap wajar. Suami yang ditinggalkan tidak bisa apa-apa karena kalah dalam even adu ketampanan atau tidak ikut sama sekali.

Oh ya, selain pria diperbolehkan mencuri istri orang lain. Pihak wanita juga boleh mencuri suami orang lain. Wanita yang dianggap paling cantik boleh meminta siapa saja jadi suaminya. Seorang wanita di suku ini bisa memiliki lebih dari suami kalau dia memang suka. Jadi, menjadi paling cantik atau tampan di suku ini adalah hal paling penting sedunia.

Sponsored