Tari Cakalele, Tari Perang Di Maluku Utara yang Bersejarah

MOTIVASInews.com – Maluku sebuah provinsi di Indondesia, yang memiliki tempat wisata alam yang sangat indah. Selain wisatanya terdapat juga beragam budaya salah satunya adalah Tari Cakalele.

Tari Cakalele adalah tarian tradisional sejenis tarian perang yang berasal dari daerah Maluku Utara. Tarian ini umumnya ditarikan oleh para penari pria, namun ada juga beberapa penari wanita sebagai penari pendukung.

Menurut beberapa sumber sejarah yang ada, Tari Cakalele dilakukan sebagai tarian perang para prajurit sebelum menuju medan perang, maupun sepulang dari medan perang.

Tari Cakalele, Tari Perang Di Maluku Utara yang Bersejarah - Motivasinews.com
Tari Cakalele. Kode unik: M#DS65

Untuk jaman sekarang ini, Tari Cakalele selalu ditampilkan di berbagai acara adat maupun hiburan. Selain itu tarian ini juga ditampilkan di berbagai acara budaya serta promosi pariwisata baik tingkat daerah, nasional, bahkan internasional.

Penari pria menari menggunakan parang (pedang) dan salawaku (tameng) sebagai atribut menarinya. Sedangkan penari wanita biasanya menggunakan lenso (sapu tangan) sebagai atribut menarinya.  Selain itu dalam Tari Cakalele ini, biasanya dipimpin oleh seorang penari yang berperan sebagai Kapitan (pemimpin tarian) dan seorang yang menggunakan tombak yang menjadi lawan tandingnya.

Dalam perkembangannya, Tari Cakalele hingga kini masih terus dilestarikan dan dikembangkan oleh masyarakat di sana. Berbagai kreasi dan variasi juga sering ditambahkan dalam pertunjukannya agar menarik, namun tidak menghilangkan ciri khas dan keaslian dari tarian tersebut.

Penulis : erison a

Sponsored