Tugu Soekarno, Tempat Bersejarah di Palangkaraya

Tugu Soekarno, Tempat Bersejarah di Palangkaraya - Motivasinews.com
Tugu Soekarna, di resmikan oleh Presiden Pertama Republik Indonesia Ir. Soekarno pada !7 Juli 1957. Sumber foto : tomiteruzz

MOTIVASInews.com – Palangkaraya merupakan salah satu kota besar di Kalimantan Tengah, Indonesia. Kota ini saat ini tengah ramai di media karena masuk dalam salah satu kota yang dinominasikan menjadi Ibu Kota Negara Republik Indonesia, menggantikan DKI Jakarta.

Kota ini memang termasuk salah satu kota bersejarah di Indonesia. Karena terdapat Tugu Soekarno. Tugu ini di resmikan oleh Presiden Pertama Republik Indonesia yaitu Ir. Soekarno, pada tanggal 17 Juli 1957, sebagai tanda berdirinya dan awal pembangunan Kota Palangkaraya.

Tugu Soekarno ini terdiri dari 17 (tujuh belas) pilar yang berarti senjata untuk berperang. Tugu Api berarti api tak kunjung padam, semangat kemerdekaan dan membangun. Angka 17 melambangkan hikmah Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Segi Lima Bentuk Tugu melambangkan Pancasila mengandung makna Ketuhanan Yang Maha Esa.

Tugu Soekarno, Tempat Bersejarah di Palangkaraya - Motivasinews.comTugu ini terletak di tengah Kota Palangkaraya, tepatnya di jalan S. Parman, kelurahan Palangka, Kecamatan Pahandut, Kalimantan Tengah. Tak jauh dari tugu tersebut, terdapat jembatan Kahayan yang merupakan kebanggaan masyarakat Kota Palangkaraya. Jembatan sepanjang 640 meter ini menghubungkan Palangkaraya dengan Kabupaten Barito Selatan, dibangun tahun 1995 dan baru selesai tahun 2001.

Kode unik: M#duniawisata82

Ada apa dengan Kode Unik? Klik DI SINI 

Sponsored

LEAVE A REPLY