10 Jenis Teh Paling Populer untuk Kecantikan Kulit

10 Jenis Teh Paling Populer Untuk Merawat Kecantikan Kulit - motivasinews.com
10 Jenis Teh Paling Populer Untuk Merawat Kecantikan Kulit - motivasinews.com

MOTIVASInews.com – Semua orang pasti sudah mengenal jenis minuman berupa teh, sekarang di zaman modern minuman teh tak hanya dipakai untuk menghilangkan rasa haus saja, tetapi bisa dimanfaatkan untuk kesehatan sampai kecantikan. Mungkin Anda pernah mendengar produk kecantikan kulit terbuat dari teh sehingga konsumen bisa minum teh tersebut untuk memelihara kecantikan kulitnya.

Sebenarnya, manfaat dari teh dalam bidang kecantikan sudah ada sejak zaman dulu, hal tersebut banyak dipercaya para pakar kesehatan dimana banyak kandungan vitamin, catechin serta asam amino yang mampu menstimulasi sintesis kolagen di dalam tubuh.

Jika selama ini Anda sering mendengar minuman teh hanya untuk diminum saja, tetapi kali ini Anda akan mendapat pengetahuan baru karena ada beragam jenis teh bisa dimanfaatkan untuk kecantikan kulit –terutama bagi para para wanita. Berikut adalah 10 jenis teh yang paling populer untuk kecantikan wanita :

1. Teh Putih

Mungkin namanya masih belum familier. Ternyata teh putih atau white tea tersebut mempunyai kandungan bahan paling murni dan Anda akan kesulitan untuk menemukannya karena sampai sekarang sangat jarang dibuat. Teh putih sendiri berasal dari pucuk dauh teh paling muda kemudian dari bahan antioksidannya sendiri terbilang paling tinggi dari jenis teh lainnya. Bahkan jenis white tea tersebut mampu meremajakan kulit dengan sangat baik karena dapat mengurangi pemecahan kolagen serta elastin di kulit sehingga sangat baik untuk mencegah penuaan dini.

2. Rooibos

Berikutnya ada satu jenis teh rooibos yang berfungsi mencegah penuaan dini secara alami. Para wanita kayaknya kudu tahu bahwa Rooibos mempunyai antioksidan dan mengandung zat seperti zinc dan alpha hidroksi acid untuk upaya pencegahan hilangnya lemak di bagian kulit. Tidak hanya bahan itu saja, ada beberapa bahan diantaranya nothofagin, superoxide dimutase, dan aspalathin yang secara efektif bisa menangkal radikal bebas secara alami. Anda juga mendapat manfaat lainnya dari rooibos ini yakni bisa menstabilkan hormon yang memicu gangguan kulit berupa jerawat.

3. Spearmint

Jenis teh selanjutnya adalah spearmint yang mampu menghilangkan jerawat di kulit wajah secara alami. Spearmint memang sering dimanfaatkan dalam bidang kecantikan karena sangat efektif mengatasi ketidakseimbangan hormon. Selain itu, bisa mencegah produksi sebum berlebih. Manfaat lainnya dari spearmint adalah mampu menjaga kulit wajah dari serangan radikal bebas.

4. Teh Hijau

Salah satu jenis teh paling familiar adalah teh hijau atau disebut greentea. Teh hijau mengandung antioksidan tinggi bernama ECGC yang bermanfaat mengembalikan fungsi sel tubuh yang rusak. Karenanya, tak heran bila banyak produk kesehatan kulit memanfaatkan esktrak teh hijau yang mampu mempertahankan kesehatan kulit, mengurangi peradangan, hingga melindungi kulit dari radiasi sinar matahari ketika beraktifitas di luar ruangan.

5. Hibiscus

Hibiscus memiliki warna berbeda dari jenis lainnya yakni kemerahan karena di dalam segelas teh hibicus terdapat vitamin A, B1, B2 zat besi dan zinc yang sangat baik untuk kesehatan tubuh dan kulit. Tak hanya itu, pakar kesehatan kulit juga menyarankan setiap wanita bisa mengonsumsi hibicus setiap satu minggu sekali minimal untuk mempertahankan kesehatan kulit, kuku, dan rambut. Kandungan alpha hydroxyl acid ditambah asam lemak omega3 sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit, jadi ladies harus coba.

6. Chamomile

Satu jenis teh yang masih identik sebagai penenang pikiran yakni chamomile juga baik untuk merawat kulit khususnya mencegah terjadinya jerawat. Kandungan antiseptic dan efek anti mutagen di dalam teh chamomile bisa meredakan efek radang serta mengurangi gangguan kulit jerawat secara alami. Tidak hanya itu saja, chamomile juga efektif mengurangi kadar stress pikiran sehingga efek untuk kulit bisa lebih maksimal.

(Baca juga: 5 Perbaikan untuk Hidup yang Lebih Baik )

7. Teh Melati

Jenis teh satu ini sudah tidak asing, tentu. Aromanya lebih sedap dan memiliki kandungan antibakteri dan antivirus terbaik, sehingga selain berguna untuk kesehatan kulit ternyata teh melati bisa memperlambat proses penuaan kulit bahkan mengurangi produksi sebum yang menjadi cikal bakal jerawat.

8. Yerba Mate

Memanjakan kulit wajah juga bisa dilakukan dengan rajin minum yerba mate yang kaya akan antioksidan sehingga mencegah terjadiyna efek radikal bebas. Yerba mate pertama kali ditemukan di kawasan Amerika Selatan dan Tengah sebagai teh yang banyak mengandung kafein. Saat itu, yerba mate hanya dikenal sebagai teh yang dapat memberi kesegaran dan mengurangi rasa lelah. Tapi kemudian, ditemukan pula kandungan vitamin B,C, dan Zinc, dan mineral yang dapat memberik efek penguatan terhadap sistem imun sehingga sangat cocok untuk menjaga kesehatan tubuh dan kulit.

9. Teh Jahe

Jahe pastinya sudah dikenal sebagai penghangat tubuh serta bersifat anti inflamasi. Ternyata jahe bisa dikombinasi bersama teh yang manfaatnyya bisa lebih baik dimulai dari memperbaiki sistem pencernaan hingga menjaga kesehatan kulit. Banyak penelitian membuktikan dari sistem pencernaan yang kurang baik bisa memberi efek buruk pada kesehatan kulit, maka dari itu mengonsumsi teh jahe sangat baik untuk mencegah gangguan di kulit.

10. Matcha

Terakhir ada teh dari Jepang bernama Matcha yang memiliki cita rasa menarik dan dari manfaatnya juga sangat keren. Matcha dipercaya mampu melakukan proses detoksifikasi kulit bahkan mengandung beberapa kandungan seperti klorofil dan antibiotik alami lainnya sehingga mampu melawan serangan bakteri jahat di tubuh. Sekarang banyak bubuk matcha di buat sebagai cara merawat kecantikan kulit wajah dengan bentuk masker lotion dan krim wajah.                                                                         Kode unik: KLIK di sini

Jenis-jenis teh di atas masih bisa dibuat lebih baik dengan mengkombinasinya bersama bahan alami. Pilih jenis teh yang sesuai dengan karakter kulit sehingga efeknya bisa lebih terasa bahkan Anda bisa berkonsultasi dahulu ke pakar kesehatan kulit apakah pilihan teh yang sudah dipilih aman dikonsumsi jangka panjang.

Manfaat dari teh memang terbilang unik, bahkan banyak pusat kecantikan sudah memanfaatkan bahan teh alami sebagai masker atau pun krim karena bersifat alami dan tidak memberi efek samping pada kulit. Meskipun bersifat alami, namun sebisa mungkin lakukan konsultasi dahulu agar tidak salah konsumsi. Bagi Anda yang menginginkan kulit wajah semakin berseri, bebas dari jerawat, sampai memperlambat penuaan mulai dari sekarang harus coba perawatan memakai bahan teh alami.

(Baca juga: 3 Alasan Penting Mandi Air Dingin di Pagi Hari )

Sponsored