3 Tips Dasar Berolahraga

3 Tips Dasar Berolahraga - Motivasinews.com

MOTIVASInews.com – Olahraga, bagaimanapun sangat dianjurkan oleh para ahli kesehatan. Namun begitu, seringkali kita abai dalam melakukannya. Atau, bila pun berolahraga, kerapkali kita melakukannya tanpa metode maupun cara yang tepat sehingga kegiatan yang menyehatkan ini bisa lebih efektif dan efisien.

Nah, berikut ini adalah 3 langkah sederhana yang bisa dijadikan dasar agar olahraga yang kita lakukan dapat efektif dan efisien.

Makanlah 3 Jam Sebelum Berolahraga?

Kebanyakan orang berpikir makan sebelum berolahraga dapat menimbulkan ketidaknyamanan, bahkan kram, terutama jika mengonsumsi makanan berprotein tinggi. Atau memakan makanan mengandung lemak, karena lemak membutuhkan waktu untuk dicerna.

Namun penting untuk tidak berolahraga dalam keadaan perut kosong. Idealnya adalah makan ringan sebelum berolahraga, seperti karbohidrat (roti, kentang bakar, atau pasta) dua atau tiga jam sebelum olahraga dimulai. Memakan makanan ringan rendah lemak adalah cara terbaik untuk menjaga energi tetap tinggi.

Kapan Waktu Terbaik Untuk Berolahraga?

Menurut Dr Michael Hastings, seorang psikolog yang menguasai chronobiologi di universitas Cambridge University, sebuah studi baru menunjukkan bahwa suhu otot dan parameter fisik meraih puncaknya pada sore hari dimana tubuh dalam keadaan siap berolahraga. Sementara itu menurut penelitian Amerika, waktu terbaik berolahraga adalah antara pukul 16.00 hingga 18.00.   

Mana Yang Lebih Baik, Berjalan Kaki Atau Berlari?

Pada kenyatanyaannya, baik Anda berjalan atau berlari, Anda dapat membakar kalori dalam jumlah yang sama. Perbedaannya adalah waktu. Anda membutuhkan waktu lebih lama untuk membakar kalori jika Anda berjalan. Berjalan sepanjang satu 1,5 km membutuhkan waktu 15 hingga 20 menit, sementara dengan berlari Anda membutuhkan waktu setengahnya. Anda tidak membutuhkan kecepatan tertentu untuk mendapatkan manfaatnya.

Menurut penelitian di Amerika, hampir sebanyak 2000 pelari, diantaranya pelari dengan jarak terjauh, memiliki pinggul dan pinggang yang ramping, terlepas dari seberapa cepat mereka berlari.

Sponsored