30 Menit Berjalan Kaki Membawa Efek Positif Bagi Pasien Kanker

30 Menit Berjalan Kaki Membawa Efek Positif Bagi Pasien Kanker - Motivasinews.com

MOTIVASInews.com – Melakukan olahraga atau latihan fisik sebenarnya memberikan manfaat kesehatan untuk pasien kanker. Meskipun bukti yang berkembang cukup kuat, pada kenyataannya latihan justru akan jauh menurun dilakukan ketika pasien kanker berada di masa perawatan  dan telah memasuki stadium lanjut. Padahal melakukan latihan fisik ini tidak harus berat, latihan ringan seperi berjalan kaki juga dapat memberikan manfaat.

Penelitian baru-baru ini mengungkapkan, dengan berjalan kaki minimal selama 30 menit 3 kali dalam seminggu dapat memberikan efek berpikir yang lebih positif dan memberikan semangat hidup bagi penderita kanker stadium lanjut.

Jo Armes, dosen senior di King Collage London, yang memimpin penelitian tersebut mengatakan, “berjalan merupakan bentuk kebebasan dan hal tersebut dirasakan oleh para pasien kanker yang merasakan kualitas hidup yang lebih setelah menjalankan program tersebut.”

Penelitian ini menjadi langkah pertama untuk menggali lebih dalam manfaat dari berjalan kaki bagi para penderita kanker stadium lanjut. Ditemukannya program berjalan kaki secara berkelompok sesama pasien kanker ini menunjukkan adanya kemajuan kesehatan baik secara fisik, emosional, dan psikologis.

Penelitian ini diikuti oleh tim penelitian dan 42 pasien kanker yang menderita kanker payudara, kanker prostat, dan kanker ginekologi. Para peneliti mendapatkan hasil penelitian setelah menilai kualitas hidup, aktivitas, kelelahan, suasana hati, dan efikasi diri. Banyak peserta yang mengaku senang dengan kegiatan ini. Berjalan kaki secara berkelompok selain memberikan efek postif pada kesehatan mereka juga dapat menjadi wadah untuk saling bertukar cerita dengan pasien kanker lainnya.

Demikianlah efek menakjubkan dari berjalan kaki. Meski hanya 30 menit saja bisa menambah tingkat harapan hidup bagi yang menjalaninya. Menarik bukan?

Sponsored