6 Kebiasaan Sederhana Agar Kulit Anda Awet Muda

6 Kebiasaan Sederhana Agar Kulit Anda Awet Muda - Motivasinews.com

MOTIVASInews.com – Seiring dengan bertambahnya usia, pasti setiap manusia akan mengalami perubahan dari segi fisik dan mental. Seperti perubahan kulit wajah yang dulunya terlihat muda berubah menjadi tua. Hal ini pasti akan dialami oleh setiap manusia.

Masalahnya adalah bila wajah Anda terlihat lebih tua dibandingkan teman-teman seumuran Anda? Tentu rasa minder dan kurang percaya diri akan menghantui perasaan Anda. Dan, biasanya, salah satu cara mengatasinya dengan menggunakan kosmetik, bahkan banyak dari kita yang melakukan operasi plastik, agar terlihat lebih muda.

Penuaan dini tidak hanya dialami oleh orang berusia lanjut, tetapi juga bisa dialami oleh kaum muda. Lantaran didorong oleh berbagai aktivitas kebiasaan-kebiasaan sehari-hari yang nyatanya malah dapat memicu penuaan dini pada kulit Anda.

Berikut ini adalah 6 kebiasaan sederhana yang bisa diterapkan agar kulit Anda awet muda:

Berhentilah Merokok!

6 Kebiasaan Sederhana Agar Kulit Anda Awet Muda - Motivasinews.com

Sudah bukan rahasia lagi, merokok dapat berdampak buruk terhadap kesehatan Anda. Merokok juga dapat mempercepat penuaan pada tubuh Anda. Nikotin yang terkandung pada rokok akan menyebabkan aliran pembuluh darah menyempit dan membuat berkurangnya suplai darah pada kulit. Ini mengakibatkan kulit tidak mendapatkan oksigen yang cukup dan berkurangnya nutrisi penting pada kulit (vitamin A).

Kurangi Minuman Beralkohol

6 Kebiasaan Sederhana Agar Kulit Anda Awet Muda - Motivasinews.com

Mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan dapat mempengaruhi kesehatan kulit Anda. Para peneliti mengungkapkan minuman alkohol dapat menurunkan antioksidan pada kulit dan membuat kulit kering, kulit pucat, dan mudah berjerawat. Sehingga wajah Anda akan terlihat kusam dan kasar. Inilah kenapa minum minuman beralkohol secara berlebihan tidak dianjurkan, selain dampak buruk pada kesehatan, minum minuman beralkohol juga dapat mempercepat penuaan dini pada kulit Anda.

Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

6 Kebiasaan Sederhana Agar Kulit Anda Awet Muda - Motivasinews.com

Agar wajah Anda tidak mengalami penuaan dini, dari  sekarang mulailah memperbanyak konsumsi buah dan sayuran.

Buah dan sayuran memiliki banyak nutrisi penting yang sangat berguna bagi kesehatan kulit Anda seperti vitamin A, vitamin C dan B3 yang berfungsi sebagai pencegah kerusakan kolagen, sedangkan vitamin E dapat melindungi kulit Anda dari sinar ultra violet dan mampu mengurangi peradangan pada kulit. Kebiasaan makan sayur dan buah ini akan membuat kulit Anda lebih kencang dan cerah, sehingga dapat membantu mengatasi masalah penuaan dini.

Kurangi Gula

6 Kebiasaan Sederhana Agar Kulit Anda Awet Muda - Motivasinews.com

Bagi Anda yang gemar makan makanan manis, sebaiknya jangan terlalu berlebihan, sebab akan merusak kolagen dan elastin pada kulit yang berakibat munculnya keriput. Tanda-tanda seperti ini biasanya baru terlihat ketika Anda memasuki usia 35 tahun.

Lindungi kulit Anda dari Sinar Ultraviolet Berlebihan

6 Kebiasaan Sederhana Agar Kulit Anda Awet Muda - Motivasinews.com

Sinar Ultraviolet, berdampak baik bagi kesehatan, memang. Namun, bila terlalu sering terpapar sinar ini, bisa berdampak buruk bagi kesehatan kulit Anda.

Hal tersebut dapat mengakibatkan kerusakan kolagen dan elastin pada kulit, sehingga mempercepat timbulnya keriput pada kulit Anda. Untuk mengatasinya Anda bisa menggunakan pakaian yang tepat saat melakukan aktivitas di luar ruangan.

Tidur Cukup

6 Kebiasaan Sederhana Agar Kulit Anda Awet Muda - Motivasinews.com

Tidur merupakan sebuah kebutuhan wajib yang harus terpenuhi oleh manusia, para pakar sangat menganjurkan kita untuk tidur malam minimal 7-8 jam. Kebiasaan tidur ini sangat mempengaruhi kesehatan Anda dan dinilai dapat menghambat penuaan dini pada kulit Anda. Hal ini dikarenakan, jika Anda cukup tidur, hormon melatonin pada tubuh Anda akan berfungsi secara optimal untuk menghambat terjadinya penuaan dini pada kulit.

Nah, sudahkah Anda melakukan 6 kebiasaan ini?

Sponsored