Agar Kentut Tidak Bau Busuk, Inilah Makanannya…

Agar Kentut Tidak Bau Busuk, Inilah Makanannya - Motivasinews.com

MOTIVASInews.com – Kentut merupakan gas yang hampir setiap hari kita keluarkan. Gas yang keluar melalui lubang anus kita itu, pada umumnya mempunyai bau yang kurang enak alias bau busuk. Tentu saja hal ini bisa mengganggu banyak orang di sekitar kita. Apalagi saat kita tidak sengaja kentut di tempat umum

Nah, kentut berbau busuk dapat dikategorikan sebagai “pencemaran udara”. Salah satu faktor yang mempengaruhi aroma kentut seseorang adalah makanan. Terdapat makanan yang menyebabkan kentut kita seperti bau telur busuk. Sementara makanan lainnya justru mampu mengurangi bau busuk kentut.

Dilansir dari New York Magazine, sebuah penelitian Monash University yang dipimpin oleh Chu Yao di Australia menyebutkan bahwa kentut terdiri atas 2 komponen. Pertama, gas tidak berbau berasal dari gas yang kita hirup. Kedua, gas hasil interaksi bakteri di sistem pencernaan dengan makanan kita.

Gas tersebut dikenal sebagai hidrogen sulfida. Ternyata tingkat kandungan hidrogen sulfida pada setiap orang tidaklah sama. Sebab, bergantung kepada makanan yang kita konsumsi. Jika kita mengonsumsi telur, keju, susu, daging dan produk olahan susu lainnya, gas hidrogen sulfida bisa naik 7 kali lipat.

Bagi Anda yang tidak ingin memiliki kentut berbau busuk, sebaiknya Anda mengonsumsi makanan berkabohidrat kompleks. Karbohidrat jenis ini tetap melalui bagian usus kecil meskipun tidak sepenuhnya dicerna. Lalu, karbohidrat kompleks akan difermentasikan oleh bakteri di usus besar.

Beberapa makanan yang disarankan para peneliti Monash University diantaranya adalah asparagus, pisang, sereal, kentang, gandum dan kacang polong. Menariknya lagi, makanan-makanan itu bisa mengurangi gas hidrogen sulfida sampai dengan 75%.

Menurut Chu Yao, makanan-makanan tersebut sangat mudah difermentasikan. Hal itu berarti sifatnya lebih cepat dihancurkan daripada protein. Inilah yang membuat makanan-makanan itu ketika berinteraksi dengan bakteri sistem pencernaan tidak memproduksi hidrogen sulfida dalam jumlah besar.

Sebenarnya tidak terlalu sulit ya mengurangi bau busuk kentut. Saat mengonsumsi protein sebaiknya kita mengimbanginya dengan makanan berkarbohidrat kompleks. Kita juga bisa memulainya dengan mengonsumsi buah pisang secara rutin. Yuk, terapkan tips di atas!

Sponsored