Amankah Bila Membersihkan Sinus dengan Neti Pot ?

Amankah Bila Membersihkan Sinus dengan Neti Pot - Motivasinews.com

MOTIVASInews.com – Di musim hujan seperti sekarang ini, sakit flu menjadi sering dialami oleh sebagian orang. Untuk mengobati gejala yang mulai menampakkan diri pasti kita akan mengobatinya dengan berbagai cara agar tidak semakin parah. Tahukah Anda? di negara seperti Amerika neti pot digunakan untuk membersihkan sinus yang tersumbat akibat pilek dan alergi yang sering dialami ketika musim dingin.

Di negara kita pun neti pot sudah mulai digunakan meskipun masih jarang dan belum terkenal. Neti pot ini berbentuk seperti teko kecil yang memiliki moncong panjang dengan lubang kecil. Neti pot akan diisi dengan air steril atau larutan garam dan dikucurkan ke satu lubang hidung dan nantinya air akan keluar melalui lubang hidung satunya. Neti pot tak hanya membersihkan bagian sinus tapi juga membantu melembabkan bagian hidung yang kering akibat udara dalam ruangan.

Food and Drug Administration (FDA) yakni badan pengawas obat dan makanan Amerika serikat mengatakan sebenarnya neti pot aman digunakan ketika benda tersebut dicuci dengan benar dan steril. Tak hanya itu, air yang akan dimasukkan ke hidung juga harus steril yakni yang sebelumnya telah direbus. FDA memperingatkan bahwa penggunaan yang tidak tepat dapat berbahaya dan menyebabkan infeksi.

Jangan gunakan air keran karena tidak aman sebab mengandung bakteri dan amoeba. Organisme ini sebenarnya tidak berbahaya apabila tertelan karena akan mati oleh asam di lambung. Namun, jika masuk ke hidung akan dapat menyebabkan infeksi yang serius.

Cara yang benar adalah gunakan air yang telah direbus kemudian dinginkan sampai suam-suam kuku. Kalau kamu memang sudah menyiapkan air matang dan menyimpannya dalam wadah tertutup, kamu juga bisa menggunakannya asalkan belum 24 jam.

Produk neti pot biasanya diikuti dengan petunjuk penggunaan, kali ini FDA juga memberikan pedoman umum menggunakan neti pot:

  1. Bungkukkan tubuh diatas wastafel, lalu miringkan kepala ke samping supaya air dapat menaglir ke hidung.
  2. Bernapaslah menggunakan mulut yang terbuka, tempatkan lubang neti pot pada saluran hidung bagian atas sehingga air bisa mengalir pada bagian yang lebih rendah.
  3. Setelah itu ulangi memiringkan kepala ke sisi lain utuk membersihkan hidung di bagian satunya.

Pembilasan sinus ini bermanfaat untuk menghilangkan debu dan melonggarkan lendir tebal saat pilek. Dengan cara ini akan meringankan gejala infeksi sinus, alergi, pilek, dan flu. Oh ya, jika anda menggunakan larutan garam, jangan lupa untuk membilas kembali dengan air bersih setelahnya.

Sponsored