Antisipasi Penyakit Jantung dengan Kedondong

motivasinews.com - Mengingat buah kedondong (Spondias dulcis forst), yang terbayang pastilah bentuknya yang hijau dengan biji yang berserat runcing dan rasanya yang asam tapi segar. Karenanya, tak heran bila buah yang satu ini menjadi pilihan utama saat membuat rujak atau asinan.

MOTIVASInews.com – Mengingat buah kedondong (Spondias dulcis forst), yang terbayang pastilah bentuknya yang hijau dengan biji yang berserat runcing dan rasanya yang asam tapi segar. Karenanya, tak heran bila buah yang satu ini menjadi pilihan utama saat membuat rujak atau asinan.

Jangan cuma membayangkan asinan atau rujak kedondong saja, tapi coba juga cermati khasiat dari buah ini.

Ternyata, kedondong memiliki kandungan gizi dan senyawa yang diperlukan oleh tubuh seperti protein, kalsium, zat besi, vitamin A, C, B1 dan masih banyak lagi. Semua kandungan tersebut membuat buah ini patut dijadikan konsumsi sehat sehari-hari.

Karena banyaknya kandungan tersebut, maka manfaat buah kedondong bagi kesehatan juga cukup banyak, antara lain :

  • Sebagai Obat Batuk

Caranya adalah cuci bersih tiga buah kedondong kemudian parut dan tambahkan sedikit garam lalu peras. Setelah ini anda bisa meminum air perasnya. Lakukan hal ini setidaknya dua kali sehari.

  • Mengantisipasi Penyakit Jantung

Kandungan Kalsium yang terdapat dalam kedondong memberikan peran yang cukup siginifikan dalam menjaga kesehatan jantung. Sehingga bagi anda yang memiliki gangguan jantung atau setidaknya ingin memiliki jantung yang sehat, ada baiknya mengonsumsi kedondong setiap harinya.

Motivasinews.com - Antisipasi Penyakit Jantung dengan Kedondong
rujak kedondong
  • Kaya Antioksidan

Kedondong, seperti banyak buah lainnya, juga memiliki kandungan vitamin A serta vitamin C cukup tinggi sehingga dapat membantu dalam menangkal radikal bebas. Karenanya, tak berlebihan bila kedondong jadi menu cemilan Anda.

  • Penyembuh Luka

Ini berkat adanya vitamin A dalam kedondong yang mampu membantu menjaga kesehatan jaringan sel dalam tubuh. Karenanya, tak aneh bila kedondong kerap digunakan untuk mempercepat proses penyembuhan luka.

  • Mengatasi Anemia

Dalam 100 gram kedondong terkandung 30 miligram Zat besi. Nah, zat besi inilah yang mampu membantu pembentukan sel darah merah dalam tubuh sehingga dapat digunakan dalam pencegahan penyakit Anemia.

  • Mengendalikan Kadar Kolesterol

Bahkan, ternyata, kedondong dapat membantu mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuh. Vitamin C yang terkandung dalam kedondong dapat membantu sistem metabolisme kolesetrol menjadi asam empedu. Pada gilirannya, asam ini mungkin akan memiliki impilikasi dalam pengendalian kolesetrol darah dan mencegah timbulnya batu empedu.

Penulis   :  Erison A

Kode unik: M#kesehatan51

Sponsored

LEAVE A REPLY