Bahaya, Minum Air Berlebihan Bisa Mengancam Jiwa!

Bahaya, Minum Air Berlebihan Bisa Mengancam Jiwa! - Motivasinews.com

MOTIVASInews.com – Banyak yang mengatakan, air adalah sumber kehidupan. Ya, hal itu memang benar adanya. Air memang berperan besar dalam kehidupan umat manusia. Salah satu manfaat air adalah untuk kita minum. Air putih dipercaya sebagai minuman yang baik bagi kesehatan kita.

Dilansir dari Prevention, kita dianjurkan mengonsumsi air secara cukup artinya tidak berlebihan tetapi juga tidak kurang. Kira-kira apa saja efek meminum air secara berlebihan tersebut?

Delapan gelas air sehari sering dijadikan standar jumlah air yang perlu dikonsumsi. Padahal, aturan tersebut bisa bervariasi tergantung faktor jenis kelamin, aktivitas dan cuaca.

Institute of Medicine lebih menyarankan agar wanita meminum 11 gelas air per hari. Meskipun demikian, kita harus mengingat bahwa buah dan sayur yang kita makan juga mengandung air. Kadar air dalam buah dan sayur yang kita makan bisa memenuhi sekitar 20% kebutuhan air kita.

Agar tetap terhidrasi dengan baik, Institute of Medicine merekomendasikan supaya kita minum setiap kita merasa haus. Selain perlu menghidrasi tubuh, kita juga sebaiknya menghindari meminum air secara berlebihan. Ada banyak risiko kesehatan dari mengonsumsi air yang tidak wajar.

Minum sekitar setengah galon air atau bergalon-galon air dalam sehari akan menyebabkan kondisi yang disebut hiponatremia. Kondisi ini dapat merusak ginjal jika kebiasaan meminum air berlebihan berlangsung jangka panjang. Tidak hanya ginjal yang bekerja sangat berat, tetapi sel-sel tubuh juga bisa membengkak.

Hiponatremia ditandai dengan beberapa gejala seperti perut terasa kembung, pusing, mual dan bahkan pada beberapa kasus bisa memicu kematian. Seorang profesor di Loyola University Medical Center mengatakan jika atlet berisiko besar karena mereka disarankan minum air dalam jumlah banyak.

Profesor tersebut juga menambahkan bahwa orang tidak perlu meminum setiap kali mereka beristirahat saat bersepeda, berjalan, berlari atau berolahraga lainnya. Intinya adalah jangan memaksa diri kita untuk terus meminum air saat kita merasa tidak haus sama sekali.

Wah, meminum air berlebihan ternyata sangat berbahaya! Yuk, konsumsi air sewajarnya saja! Agar tubuh kita tetap sehat setiap harinya.

Sponsored