Benarkah Bangun Pagi Bisa Membuat Kurus?

Benarkah Bangun Pagi Bisa Membuat Kurus? - Motivasinews.com

MOTIVASInews.com – Semua orang ingin memiliki tubuh ideal, memang. Namun tidak semua orang mau melewati proses berat dan menantang untuk meraihnya. Kabar baiknya, ada cara yang sangat mudah untuk menguruskan badan semudah matahari terbit di pagi hari.

Benar, cukup dengan keluar rumah lebih awal di pagi hari, berat badan Anda akan turun. Berdasarkan Men’s Journal, sebuah penelitian dari Feinberg School of Medicine, Northwestern University mengemukakan bahwa keluar rumah lebih cepat 20 hingga 30 menit setiap hari antara pukul 8 pagi hingga 12 siang, akan menurunkan berat badan.

Para peneliti menemukan, mereka yang terkena sinar matahari di pagi hari, memiliki indeks massa tubuh (Body Mass Index) lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang terkena sinar matahari siang hari. Peneliti percaya bahwa sinar matahari pagi membantu sinkronisasi dan mempercepat fungsi metabolisme tubuh.

Pertanyaannya, lalu bagaimana jika Anda tidak dapat keluar rumah antara pukul 8 hingga 12 siang? Menurut Kathryn Reid, seorang penulis ahli syaraf, cahaya buatan juga memiliki khasiat yang hampir sama.

Agar bisa keluar rumah lebih awal untuk beraktifitas, artinya Anda perlu bangun tidur lebih awal. Inilah tantangannya, karena bagi sebagian orang bangun pagi itu sangat sulit. Namun tidak akan sulit lagi, jika Anda mengikuti tips yang diambil dari jurnal askmen berikut ini:

Tidur lebih awal

Benarkah Bangun Pagi Bisa Membuat Kurus? - Motivasinews.com

Ini sudah menjadi aturan main yang tidak bisa ditawar-tawar. Jika ingin bangun lebih awal, Anda perlu tidur lebih cepat. Kurang tidur bisa menyebabkan Anda malah menjadi tidak produktif ketika beraktifitas di siang hari. Matikan komputer, televisi serta handphone Anda, lalu tidur.

Minum air putih

Benarkah Bangun Pagi Bisa Membuat Kurus? - Motivasinews.com

Minum air secukupnya. Terlalu banyak minum malah akan membangunkan Anda dua jam kemudian setelah tidur. Hindari kafein dan alkohol.

Bangun dan mulai rutinitas pagi

Benarkah Bangun Pagi Bisa Membuat Kurus? - Motivasinews.com

Jangan tergoda untuk tidur kembali. Meski seberapa menggodanya kasur Anda, bangun lah dan mulai membuat kopi atau teh. Letakkan alarm jauh dari tempat tidur, agar ada alasan bagi Anda untuk terpaksa bangun. Tidak ada istilah “5 menit lagi.” Ini hanya akan menjebak Anda untuk tetap berbaring di kasur.

Buat rutinitas pagi

Benarkah Bangun Pagi Bisa Membuat Kurus? - Motivasinews.com

Untuk memotivasi bangun pagi, Anda perlu membuat kegiatan atau tujuan penting yang harus dilakukan di pagi hari. Bisa membuat jurnal, membaca buku, atau olah raga. Sesuatu yang benar-benar harus Anda lakukan.

Nah, masih berminat langsing dengan cara mudah? Ayo, bangun pagi…!

Sponsored