Duh! Ukuran dan Fungsi Penis Sudah Menurun Diusia 40an?

Duh! Ukuran dan Fungsi Penis Sudah Menurun Diusia 40an - Motivasinews.com

MOTIVASInews.com – Bukan rahasia lagi kalau akan terjadi penurunan fungsi seksual pada pria seiring dengan bertambahnya usia. Ini terjadi karenakan tingkat testosteron menurun, makanya dibutuhkan usaha lebih untuk membangkitkan gairah. Setelah terangsang, pria juga butuh waktu lebih lama untuk mendapatkan ereksi dan mencapai orgasme. Apa sih yang sebenarnya terjadi?

Tak bisa dipungkiri, usia berdampak terhadap penurunan jumlah benih dan kualitas sperma. Disfungsi ereksi (ED) atau impotensi, jelas erat kaitannya dengan pertambahan usia. Studi menunjukkan bahwa antara usia 40 hingga 70, persentase laki-laki jantan telah jatuh dari 60% menjadi sekitar 30%! Angka yang lumayan ya…

Tak cuma itu, pria juga mengalami penurunan bertahap dalam fungsi kemih. Aliran urin seorang pria melemah dari waktu ke waktu sebagai konsekuensi dari otot kandung kemih yang melemah. Dalam banyak kasus, ini menyebabkan pembesaran prostat.

Penelitian terbaru menemukan apa yang selama ini pria telah duga bahkan takutkan, yaitu terjadi perubahan signifikan pada penis pada pria berusia 30an. Dan perubahan itu termasuk:

Penampilan

Kepala penis (glans) secara bertahap kehilangan warna keunguan, dampak dari berkurangnya aliran darah. Ditambah, rambut kemaluan yang perlahan-lahan rontok. “Akibat testosteron berkurang, penis secara bertahap beralih ke prapubertasnya, dan sebagian besar tidak berbulu,” kata Irwin Goldstein, MD, direktur pengobatan seksual di Alvarado Hospital, San Diego, dan editor-in-chief dari The Journal of Sexual Medicine.

Ukuran penis

Pria umum mengalami penambahan berat badan ketika bertambah tua. Dikarenakan lemak menumpuk di perut bagian bawah, membuat ukuran penis berubah. Ira Sharlip, MD, profesor klinis urologi di University of California, San Francisco, mengatakan, “Sebuah bantalan lemak membuat batang penis terlihat lebih pendek.”

Selain penyusutan tersebut, penis cenderung mengalami pengurangan yang sebenarnya dalam ukuran. Pengurangan, termasuk panjang dan ketebalannya, biasanya tidak dramatis, namun mungkin terlihat. “Jika penis ereksi seorang pria adalah sepanjang 6 inci ketika berusia 30-an, mungkin 5 atau 5½ inci ketika dia mencapai usia 60-an atau 70-an,” kata Goldstein.

Sepertinya masalah ukuran dan fungsi penis ini sulit untuk dihindari ya…

Sponsored