Fakta dan Mitos Seputar Haid

haid

MOTIVASInews.com – Wanita di usia dewasa pastinya sudah hafal mengenai siklus menstruasi yang datang selama 5 sampai 7 hari setiap bulannya. Terkadang datang bulan sering memberi kesan berbeda dari hari-hari biasanya. Ada beberapa gejala yang sudah familiar terjadi mulai dari badan terasa pegal, nafsu makan meningkat, nyeri di bagian perut, bahkan dari emosi jiwa juga semakin sensitif.

Kali ini akan kita bahas mengenai fakta dan mitos seputar haid yang selama ini masih banyak dipercaya di masyarakat. Berbagai cerita beredar dimana sewaktu haid ada beragam larangan yang wajib ditaati mulai dari tak boleh tidur siang, tak boleh berenang, sampai tak boleh minum es. Beberapa kalangan mengira dari larangan-larangan tersebut harus ditaati, dan jika dilanggar akan memberi gangguan kesehatan seperti sakit kepala sampai kanker rahim.

Betapa ngeri seorang wanita harus merasakan sakitnya saat haid dan banyaknya larangan yang sebenarnya belum tentu benar. Maka dari itu, untuk para ladies harus tahu betul apa saja larangannya dan apa saja hal-hal berupa mitos. Mari kita simak bersama seperti apa fakta dan mitos seputar haid tersebut.

Haid Nggak Boleh Keramas

Banyak mitos beredar di masyarakat salah satunya ketika seorang wanita sedang haid tidak diperbolehkan keramas selama 1 minggu. Bila dipikir kembali memakai logika bisa dibayangkan bagaimana kondisi kulit kepala dan kesehatan rambut bila tak keramas selama seminggu. Faktanya, hingga sekarang tak ada penelitian satu pun yang mengakuinya kalau saat haid tidak boleh keramas.

Jika kondisi rambut sudah kurang sehat atau kulit kepala terasa gatal langsung saja keramas, tanpa harus memperhatikan fakta dan mitos seputar haid. Justru saat wanita sedang haid diperlukan keramas untuk menjaga kebersihan dan dari manfaatnya bisa memberi rasa percaya diri lebih tinggi.

Tidak Boleh Minum Es

Berikutnya ada mitos menarik dimana seorang wanita saat datang bulan tidak diperbolehkan minum es. Mitosnya kalau ada wanita haid minum es maka akan terjadi pembekuan darah atau dari dinding rahim akan mengeras. Pernyataan tersebut sangat salah karena sampai sekarang belum ada pembuktian ilmiah bahkan dari proses haid sendiri ditentukan dari hormone estrogen dan hormone progesterone. Proses haid lancar atau tidak ditentukan dari berbagai hal bisa dari kelelahan tubuh, rasa stres berlebihan, kemudian ada penyakit lainnya.

Minum Soda Untuk Percepat Haid

Mungkin kamu sering mendengar fakta dan mitos seputar haid berikut ini dimana seorang wanita haid disarankan minum soda untuk mempercepat haid. Faktanya minuman soda tak ada hubungannya terhadap proses haid. Memang tidak terlalu jelas apakah diperbolehkan atau tidak, tetapi yang pasti bila dikonsumsi dalam jumlah berlebih akan menganggu keseimbangan nutrisi, jadi konsumsi minuman bersoda secukupnya saja.

Berenang Bikin Mandul

Masih ada fakta dan mitos seputar haid lainnya yakni aktifitas berenang akan membuat kamu mandul. Mitos satu ini masih beredar sampai sekarang sehingga membuat takut banyak wanita. Sebenarnya bukan dari efek mandul atau tidak, melainkan dari sisi kenyamanan saja karena saat menyelam  pasti ada pikiran cemas karena memakai pembalut sehingga kurang steril. Tetapi jika kamu merasa nyaman dan percaya diri akan kualitas pembalut, tidak ada salahnya berenang untuk menghilangkan rasa gerah.

Nafsu Makan Bikin Nafsu Makan Naik

Jika tadi kita bahas mengenai mitos, sekarang ada satu fakta menarik bagi wanita haid yakni menjelang atau pada saat haid akan membuat nafsu makan meningkat. Beberapa penelitian menyebutkan dari aktifitas wanita yang sedang haid rata-rata akan mengkonsumsi 110-500kalori. Penyebabnya sudah bisa dilihat yakni perubahan hormone sehingga membuat bentuk wajah lebih terlihat bulat. Maka dari itu kendalikan nafsu makan dengan cara mengubah porsi makan atau gunakan bahan makanan rendah lemak.

Darah Kotor Harus Dikeluarkan

Proses menstruasi atau datang bulan sebenarnya menjadi rutinitas tubuh seorang wanita mengeluarkan darah kotor yang menganggu metabolisme tubuh. Maka dari itu seringkali wanita haid merasa lelah selama beraktivitas karena kekurangan darah. Memang masih masuk akal, tetapi perlu diperhatikan lagi darah kotor yang dikeluarkan tubuh sudah tidak ada fungsinya lagi maka dari itu tidak berpengaruh terhadap stamina tubuh. Bila kamu merasa lemas saat proses haid mungkin disebabkan oleh beberapa faktor lainnya seperti kurang tidur atau kurang nutrisi.

Sering Merasa Nyeri

Rasa nyeri sudah menjadi bahan pembicaraan dan banyak bukti mendukungnya. Level nyeri juga berbeda bahkan ada yang sampai kram dan susah gerak. Nyeri haid memang sangat menganggu aktifitas, tetapi ketahuilah dari level nyeri haid pada wanita tidak selalu sama. Beberapa wanita merasakan nyeri sangat hebat bahkan sampai pingsan kemudian masih ada level nyeri lebih ringan sampai-sampai ada yang tak merasa nyeri sama sekali.

Fakta dan mitos seputar haid seperti level dari nyeri sebenarnya tidak perlu dipersoalkan karena sudah menjadi rutinitas wanita, tetapi ada hal yang perlu diwaspadai jika rasa nyeri masih terus terasa sampai proses akhir haid. Rasa nyeri saat haid bisa dikurangi dengan mengkonsumsi susu sehat karena beberapa penelitian mengungkapkan dari kandungan kalsium serta magnesium sangat baik untuk meredakan nyeri.

Lebih Sensitif dan Mudah Marah

Fakta lainnya dari seorang wanita saat menjalani proses haid adalah sering berubah mood. PMS sering dikaitkan dengan proses menstruasi, namun dari perusabahn mood tersebut murni disebabkan oleh hormon. Efek hormon tidak berdampak pada fisik saja, tetapi bisa masuk ke psikologis. Jadi tak heran bila seorang wanita akan banyak marah jika masuk fase PMS.

Berhubungan Seksual Saat Haid Tidak Memicu Kehamilan

Anggapan lainnya pada masa menstruasi salah satunya adalah tidak memicu kehamilan saat berhubungan badan. Sebenarnya ada yang salah dari anggapan tersebut, dimana masa subur seorang wanita sangat erat dengan proses pelepasan sel telur dari ovarium, maka dari itu proses pelepasan sel tersebut bisa terjadi saat proses menstruasi. Gairah seksual wanita pada saat haid cenderung meningkat dikarenakan level dari hormon progesterone berada di level bawah. Maka dari itu hasrat untuk berhubungan seksual sebenarnya akan meningkat saat proses menstruasi.

Sedangkan dari anggapan kehamilan masih simpang siur, tetapi di kalangan dokter sendiri menganjurkan tidak dilakukan saat menstruasi karena alasan kebersihan. Jadi harus cari waktu lainnya diluar masa haid.

Fakta dan mitos seputar haid di atas sudah memberi gambaran kepada Anda bahwa proses menstruasi tidaklah mudah bahkan bisa membuat seorang wanita kewalahan menghadapinya. Maka dari itu perlu pemahaman lebih baik mengenai fitus dan fakta seputar haid. Jangan sampai kamu menganggap mitos sebagai sesuatu yangus dihindari tanpa berkonsultasi dahulu ke ahlinya. Informasi di atas semoga bisa memberi gambaran kepada kaum hawa maupun pria yang sangat penting untuk masa depan setelah berkeluarga.

Kode Unik: Klik Artikel Selanjutnya

Sponsored