Gawat! Stres Karena Hubungan Bisa Menyebabkan Kematian Dini

Gawat! Stres Karena Hubungan Bisa Menyebabkan Kematian Dini - Motivasinews.com

MOTIVASInews.com – Yang namanya hubungan, termasuk hubungan pernikahan, tentu tidak lepas dari perbedaan pendapat ya… Karena dua kepala berarti dua cara pandang. Tidak sedikit karena seringnya bertengkar akhirnya membuat pihak yang bertikai ini menjadi stres. Nah, menurut sebuah penelitian, pertengkaran dalam keluarga dan stres yang diakibatkan hubungan bisa mengakibatkan kematian prematur.

Penemuan tersebut merupakan hasil dari penelitian yang dilakukan sejumlah peneliti di University of Copenhagen, Denmark. Dikutip dari Netdoctor UK, data dihimpum dari 9,875 pria Denmark berusia 36 hingga 52 tahun, untuk mengetahui korelasi antara stres karena hubungan dengan kematian. Dari angka yang keluar menunjukan kalau orang yang sering kuatir atau stres oleh tuntutan dari pasangan dan anak-anak mereka, sekitar 50% hingga 100% cenderung meninggal lebih dini. Duh!

Sementara itu penelitian ini juga menemukan, bahwa secara keseluruhan, pria yang paling terpengaruh. Angka kematian dini pria yang stres lebih tinggi dibandingkan wanita, atau pria dengan kehidupan yang lebih sehat. Hal ini diduga disebabkan oleh peningkatan kadar kortisol, yaitu hormon yang dilepaskan ketika seseorang stres, yang ujung-ujugnnya berdampak negatif pada kesehatan. Sebagai contoh, penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa tingkat stres yang tinggi dan kecemasan dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Inilah yang kemudian menyebabkan munculnya penyakit jantung dan serangan jantung fatal.

Penulis dari penelitian ini, Dr Rikke Lund menyarankan agar pasangan yang stres untuk segera berkonsultasi supaya dapat mengurangi resiko kematian dini akibat seringnya bertengkar.

Sponsored