Ingin Tidur Nyenyak? Ini Caranya!

Ingin Tidur Nyenyak? Ini Caranya! - Motivasinews.com

MOTIVASInews.com – Bagi mereka yang aktif di dunia yang dinamis, di mana waktu sangat berharga, tidur menjadi sesuatu hal yang mewah. Tidak sedikit para profesional yang mengurangi waktu tidurnya, karena harus menyelesaikan berbagai pekerjaan. Ini saja sudah tidak sehat. Yang membuat lebih parah adalah ketika waktu tidur semakin sedikit, ditambah lagi sulit tidur.

Seperti dilaporkan chopra.com,  di Amerika saja, sekitar 30 persen orang disana tidur kurang dari 7 jam per malam. Semetara para ibu tunggal, angkanya malah lebih tinggi yaitu 47 persen. Sisi negatif soal gangguan tidur sudah sering diteliti, nah sekarang waktuya kita fokus pada sisi positifnya: manfaat yang kita dapat jika tidur selama 7 sampai 9 jam. Tidur yang baik itu tidak mengalami gangguan, kita tidur nyenyak sepanjang malam, dan tidak gelisah.

Manfaatnya bisa sangat terlihat secara mental. Mereka yang tidur cukup memiliki pikiran yang tajam sepanjang hari, berenergi, segar, perasaan positif, dan waspada tanpa merasa lelah dan bosan. Tidur yang baik bisa mengatur nafsu makan melalui ritme hormon, sementara tidur yang buruk bisa mengurangi kontrol impuls dan membuat berat badan bertambah.

Lalu gimana ya caranya biar kita mendapat manfaat tidur tadi? Yang utama adalah kita perlu mengubah  lima gaya hidup menjadi lebih positif, dan menjadikannya menjadi kebiasaan baru. Kelima gaya hidup ini sesuai dengan prinsip Ayurvedic (pengobatan holistik kuno India) dan juga penelitian modern:

  1. Jadikan kamar tidur sebagai ruang hanya untuk tidur, bukan mengirim pesan singkat, membaca, atau menonton TV.
  2. Tidur pada waktu yang sama setiap malam.
  3. Buat kamar tidur Anda gelap dan sesepi mungkin.
  4. Hentikan aktivitas yang menyita mental Anda, seperti pekerjaan kantor yang Anda bawa pulang, dua jam sebelum tidur.
  5. Berhenti makan dua jam sebelum tidur.

Silakan coba dan rasakan perbedaannya!

Sponsored