Jangan Berikan Kursi pada Lansia di Transportasi Umum!

Jangan Berikan Kursi pada Lansia di Transportasi Umum! - Motivasinews.com

MOTIVASInews.com – Kapan terahir kali Anda memberikan tempat duduk Anda kepada lansia di Trans Jakarta atau Commuter Line? Mulai sekarang, ada mulai pertimbangkan baik-baik sebelum melakukannya. Malah harus menghentikan kebiasaan itu. Tenang, ini datang dari hasil penelitian seorang profesor Oxford University.

Secara moral Anda pasti berpikir menawarkan tempat duduk kepada seseorang yang sudah tua di angkutan umum itu harus atau penting, tapi sebaliknya buat para ilmuwan. Menurut profesor di Oxford University, justru Anda akan menghambat kesehatan mereka jika melakukannya. Sebenarnya, orang tua harus didorong untuk berdiri dan kita bukan mengecilkan hati mereka.

Penasihat klinis untuk Public Health England, Sir Muir Gray mengungkapkan bahwa orang tua harus mencoba berjalan kaki selama sepuluh menit sehari, dan keluarga harus mendorong mereka untuk memilih naik tangga daripada lift atau ekskalator.

“Kita perlu mendorong aktivitas seiring bertambahnya usia – bukan menyuruh lansia untuk mengangkat kaki mereka,” katanya kepada The Sun. “Jangan gunakan lift untuk orang tua Anda yang sudah lansia, tapi gunakan tangga.

“Dan pikirkan dua kali sebelum memberikan tempat duduk Anda di bus atau kereta ke orang yang lebih tua. Berdiri adalah latihan yang bagus untuk mereka.”

Para ahli lebih lanjut berargumen dalam sebuah laporan baru di The British Medical Journal, bahwa upaya kita untuk mendorong orang lanjut usia agar tetap aktif dapat membantu mereka hidup lebih mandiri dan mengurangi kebutuhan akan perawatan sosial.

Mungkin akan terdengar radikal pada kenyataannya ketika kita di dalam bus atau kereta, namun kembali lagi ingat bahwa manfaatnya untuk mereka juga dan bukan kita.

Sponsored