Jangan Lebay Pakai Pasta Gigi, Berbahaya! Ini yang Benar!

Jangan Lebay Pakai Pasta Gigi, Berbahaya! Ini yang Benar! - Motivasinews.com
sumber gambar: www.express.co.uk

MOTIVASInews.com – Menyikat gigi merupakan salah satu kebiasaan yang sering Anda lakukan setiap hari. Biasanya Anda menggosok gigi di pagi hari dan malam hari. Kebiasaan ini dipercaya membuat gigi Anda tetap sehat dan kuat.

Berbicara soal menyikat gigi, tentunya pasta gigi menjadi komponen yang sangat penting. Alih-alih menjaga kesehatan gigi Anda, penggunaan pasta gigi yang tidak sesuai justru bisa mengakibatkan masalah. Dilansir dari Huff Post, porsi pemakaian pasta gigi yang salah dapat meningkatkan sensitivitas dan kerusakan email gigi.

Hal itu dinyatakan oleh dokter ahli bernama Valdemar Welz di Boston, Amerika Serikat. Selama 30 tahun membuka praktik, dokter gigi tersebut mencatat keluhan-keluhan para pasiennya. Hasilnya adalah mereka umumnya menggunakan pasta gigi terlalu banyak saat menggosok gigi.

Thomas Abrahamsen yang menjadi peneliti dan penulis International Dental Journal juga mengatakan hal serupa. Pasien yang mempunyai kebiasaan memakai pasta gigi berlebihan sering merasa tidak percaya diri dengan warna gigi mereka. Selain itu, mereka menilai semakin banyak pasta gigi, gigi pun akan lebih putih.

Kenyataannya kebiasaan ini malah membuat email gigi terus menipis dan tulang gigi lebih terlihat. Sebagai dampaknya, gigi bisa menjadi lebih gelap warnanya. Inilah yang selanjutnya terus mendorong mereka memakai pasta gigi berlebihan dan menyikat gigi terlalu sering.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan abrasi gigi, salah satu faktor terbesarnya adalah pasta gigi. Sebenarnya sebagian besar produsen pasta gigi sudah memberi petunjuk untuk memakainya sebesar ukuran kacang polong. Namun, orang-orang kerap menggunakan pasta gigi sepanjang bulu sikat gigi.

Kerusakan gigi yang diakibatkan pasta gigi berlebihan tersebut mungkin diperparah dengan hal-hal lainnya. Misalnya menyangkut waktu, tekanan dan kecepatan saat Anda menggosok gigi. Semakin lama kebiasaan buruk tersebut Anda lakukan, kerusakan gigi tentunya lebih parah.

Nah, setelah mengetahui tentang hal di atas, ada baiknya Anda menggosok gigi dengan ukuran pasta gigi sewajarnya. Anda tidak mau gigi cepat rusak dan semakin sensitif, bukan?

Sponsored