Kurang Konsumsi Bayam bagi Penderita Asam Urat dan Batu Ginjal - motivasinews.com
MOTIVASInews.com РBayam merupakan sayuran yang mengandung nutrisi sangat tinggi penting bagi tubuh, seperti antioksidan, vitamin, dan mineral. Namun, ternyata  makan bayam bisa menghadirkan efek samping buruk jika terlalu sering dan berlebihan, atau ketika salah dalam mengolahnya.
Penderita penyakit tertentu seperti asam urat dan batu ginjal juga disarankan membatasi makan bayam karena bisa semakin memperparah kondisinya. Bayam memang tinggi akan kandungan zat besi, namun bisa menyebabkan kurang darah.
Ketika dikonsumsi berlebihan dan terlalu sering, bayam kadang-kadang justru bisa membuat tubuh kesulitan untuk menyerap jumlah zat besi yang diperlukan dari makanan. Bayam sebagai makanan nabati maka mengandung jenis zat besi non-heme atau zat besi nabati, yang bersifat sulit diserap oleh usus. Hal inilah yang justru dapat menyebabkan kekurangan zat besi.
Kurang Konsumsi Bayam bagi Penderita Asam Urat dan Batu Ginjal - motivasinews.com
Bayam yang sudah di olah menjadi masakan. Kode unik: M#kuliner39

Bayam adalah sayuran yang mengandung paling tinggi zat besi. Karena itu, ketika habis dimasak, maka sayuran bayam masak akan teroksidasi oleh oksigen. Ketika sudah teroksidasi atau bereaksi dengan udara, maka zat besi dalam bayam tersebut berubah menjadi logam berat beracun yang disebut dengan Ferro.

Untuk menghindari penyakit akibat keracunan logam berat dalam jangka panjang oleh bayam, maka sebaiknya konsumsi bayam hanya sekali dihidangkan. Bayam akan mulai teroksidasi setelah selesai dimasak, dan hal ini akan terus berlanjut terus dan akhirnya berubah kehitaman. Untuk menghindari semakin teroksidasinya bayam dan semakin banyaknya zat besi yang berubah menjadi logam berat yang bersifat oksidan (racun dalam tubuh), sebaiknya menyimpan bayam masak tak lebih dari 4 jam .

Penulis : erison a
Info mengenai kode unik KLIK aja di sini
Sponsored