Makan Ikan Seminggu Sekali Dapat Meningkatkan IQ Anak

Makan Ikan Seminggu Sekali Dapat Meningkatkan IQ Anak

MOTIVASInews.com – Sebuah studi oleh tim peneliti dari University of Pennsylvania menemukan bahwa mengonsumsi ikan setidaknya seminggu sekali dapat meningkatkan IQ anak-anak hampir 5 poin dalam Skala Kecerdasan Wechsler.

Penelitian ini dilakukan bulan lalu di antara 541 anak China berusia antara 9 dan 11 tahun.

Anak-anak menjawab kuisioner tentang seberapa sering mereka makan ikan dalam empat minggu terakhir dan pilihannya berkisar dari “tidak pernah” menjadi “setidaknya seminggu sekali.”
Temuan menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi ikan seminggu sekali menghasilkan 4,8 poin lebih tinggi pada tes IQ daripada mereka yang jarang atau tidak pernah memasukkan ikan ke dalam makanan mereka.

Menurut penelitian, bahkan mereka yang mengkonsumsi ikan kadang-kadang mendapatkan keuntungan dengan kemampuan verbal dan non verbal yang lebih baik, karena mereka mencetak rata-rata 3,3 poin lebih tinggi daripada mereka yang tidak makan ikan sama sekali.

Studi tersebut juga menemukan bahwa konsumsi ikan yang sering dikaitkan dengan gangguan tidur yang lebih sedikit sepanjang malam, dan para periset berpikir ini bisa mengungkapkan tidur sebagai kemungkinan hubungan antara ikan dan kecerdasan.

“(Penelitian ini) menambah bukti yang menunjukkan bahwa konsumsi ikan benar-benar memiliki manfaat kesehatan yang positif dan harus menjadi sesuatu yang diiklankan dan dipromosikan secara lebih ketat,” kata Prof. Jennifer Pinto-Martinone, direktur eksekutif Penn’s Center for Public Health Initiatives dan salah satu pemimpin tim.

“Anak-anak harus diperkenalkan sejak dini,”¬†katanya dalam sebuah rilis media.

“Ini benar-benar harus menjadi upaya terpadu, terutama dalam budaya di mana ikan tidak biasa disajikan atau dibaui. Anak-anak peka terhadap bau. Jika tidak terbiasa, mereka mungkin akan menghindar darinya.”

Temuan baru ini diterbitkan pada minggu ini di laporan ilmiah (nature.com/articles/s41598-017-17520-w)

Sponsored