Mau Hidup Lebih Lama? Ini yang Harus Anda Lakukan..!

Mau Hidup Lebih Lama? Ini yang Harus Anda Lakukan - Motivasinews.com

MOTIVASInews.com – Everybody wants to go to heaven, but nobody wants to die to get there. Kurang lebih itu sama juga dengan kita yang ingin hidup lama, bila perlu jadi immortal, tapi malas-malasan untuk menjaga diri. Sayangnya hidup tak bekerja dengan cara begitu. Kita masih butuh usaha untuk mendapatkan sesuatu.

Bicara soal hidup lebih lama, peneliti Inggris telah melakukan riset kesehatan kepada lebih dari 600.000 orang, yang mana mereka mencoba mencari tahu apakah ada kaitanya antara umur panjang dengan informasi genetik dan kebiasaan kesehatan mereka.

Subjek penelitianya sendiri telah dipelajari sebelumnya di lebih dari 25 proyek di Eropa, Australia, dan Amerika Utara, dan termasuk UK Biobank, yang merupakan studi besar Inggris mengenai dampak genetika dan pilihan gaya hidup terhadap kesehatan.

Jadi, apa sih kebiasaan yang bisa menambah atau mengurangi waktu hidup Anda? Inilah tujuh di antaranya.

1. Jangan Pernah Mulai Merokok

Perilaku nomor satu yang berdampak negatif pada kesehatan adalah merokok, yang tentu saja menyebabkan risiko kanker paru yang jauh lebih tinggi pada perokok dari pada bukan perokok.

2. Mengurangi Kolesterol

Di sini, para ilmuwan memeriksa adanya gen yang mempengaruhi kadar kolesterol darah. Orang yang memiliki gen tersebut pada tingkat yang lebih tinggi, mengalami pengurangan rentang waktu hidup sekitar delapan bulan.

3. Menurunkan Berat Badan

Di sini, para peneliti mendapat hasil yang spesifik saat melihat mereka yang kegemukan namun berhasil menurunkan berat badannya. Untuk setiap kilogram yang hilang, umur mereka meningkat sebanyak dua bulan.

4. Berhenti Merokok

Terlepas dari masalah kesehatan apa yang bisa saja terjadi setelah Anda merokok, para periset mengatakan bahwa mantan perokok bisa berhenti cukup lama untuk mengimbangi waktu “tujuh tahun yang hilang,” dan mereka mendapatkan kembali umur yang panjang seperti seseorang yang tidak pernah merokok.

5. Open-minded dan Terbuka Terhadap Pengalaman Baru

Ini mungkin adalah kebiasaan yang paling sedikit dihitung dan dipelajari oleh para peneliti, tapi ternyata “sifat kepribadian itu mencerminkan keingintahuan vs kehati-hatian.” Menurut penelitian yang sama, hal itu dapat menambah umur panjang pada manusia.

6. Terus Belajar

Ini adalah proses pembelajaran seumur hidup. Untuk setiap tahun yang dihabiskan untuk belajar di sekolah menengah, manusia menambahkan 11 bulan pada usia mereka. Secara statistik, orang yang kurang pendidikan cenderung melakukan perilaku tidak sehat, contohnya merokok.

7. Mengurangi Tekanan Darah Anda

Selain merokok, faktor kedua yang paling berpengaruh pada umur panjang adalah tekanan darah sistolik: tekanan darah tinggi bisa mengurangi waktu hidup rata-rata 5,2 tahun. Mengontrol tekanan darah berarti Anda harus mengatur diet, olahraga, dan bisa juga melakukan pengobatan.

Nah, memang sih untuk hidup lama di dunia ini tidak semata masalah keinginan atau wishful thinking saja, tapi juga dibutuhkan usaha dan komitmen. Kalau Anda mau ke Paris, yang dibutuhkan adalah niat, lalu menyiapkan paspor, tiket pesawat, dan biaya. Anda tidak cukup mengejapkan mata dan lalu tiba di depan Eiffel Tower.

Sponsored