Mau Tahu, Kenapa Tidak Boleh Minum Kopi Saat Perut Kosong?

Mau Tahu, Kenapa Tidak Boleh Minum Kopi Saat Perut Kosong? - Motivasinews.com

MOTIVASInews.com – Kebiasaan minum kopi pada pagi hari, nampaknya sudah menjadi sebuah tradisi yang tidak boleh terlewatkan bagi sebagian orang, sebelum memulai aktivitas. Minum kopi di pagi hari, bisa membangkitkan semangat dan salah satu cara paling efektif menghilangkan kantuk.

Tapi, minum kopi juga ternyata bisa juga berdampak negatif bagi kesehatan. Ini terjadi jika sering meminumnya di pagi hari, kala perut sedang dalam keadaan kosong.

Faktanya, banyak dari kita yang seringkali melewatkan sarapan paginya hanya untuk meminum secangkir kopi. Itu kebiasaan buruk yang jika sering dilakukan akan menimbulkan masalah kesehatan, seperti berikut ini :
Meningkatkan Asam Lambung 

Masalah kesehatan yang bisa ditimbulkan dari kebiasaan minum kopi saat perut kosong di pagi hari adalah naiknya asam lambung.

Asam lambung dalam tubuh Anda berfungsi membantu proses pencernaan makanan, tetapi Asam Lambung juga memiliki sifat korosif (penghancur) yang dapat merusak lambung Anda.

Kopi memiliki kandungan zat kafein yang bisa meningkatkan kinerja produksi asam pada lambung Anda, sehingga dapat menimbulkan penyakit maag.

Lebih mudah stress dan gelisah

Bagi Anda yang biasa minum kopi di pagi hari, umumnya akan mengalami kegelisahan, stress bahkan perubahan suasana hati. Lantaran pada pagi hari tingkat hormon serotonin (hormone pemicu kebahagiaan) yang diproduksi oleh otak dalam keadaan rendah.

Karena itu, para dokter sangat menganjurkan untuk makan sambil minum kopi agar mengurangi efek stress dan gelisah yang ditimbulkan oleh kopi pada pagi hari.

Menekan produksi Hormon Kortisol

Hormon ini dapat meningkatkan kadar gula dalam darah, dan berfungsi sebagai alarm alami yang bisa membantu kita bangun tidur pada pagi hari dan membuat kita merasa ngantuk pada malam hari.

Jadi, kebiasaan minum kopi saat perut kosong di pagi hari sangat tidak dianjurkan, karena menyebabkan menurunnya produksi hormon kortisol Anda dan lebih parahnya lagi akan menimbulkan efek ketergantungan pada kafein sebagai penghilang rasa ngantuk Anda.

Bagi Anda yang ingin tetap menikmati kopi di pagi hari, sebaiknya Anda disarankan untuk makan makanan padat terlebih dahulu sebelum menikmati kenikmatan secangkir kopi. Atau bisa dengan cara menambahkan susu dan mentega dalam kopi Anda yang berguna untuk mengurangi efek kafein saat perut Anda dalam keadaan kosong.

Sponsored