Mau Tidur Nyenyak? 5 Hal Ini Harus Diperhatikan!

MOTIVASInews.com – Tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa tidur sudah menjadi kebutuhan bagi setiap manusia. Tidur, juga merupakan salah satu cara yang diyakini sangat efektif untuk memperbaiki kondisi tubuh setelah seharian bekerja.

Menurut para pakar, manusia setidaknya butuh tidur 7-8 jam pada malam harinya, agar dapat memperbaiki dan meremajakan tubuh. Dan, bagaimana bila kita kurang tidur? Bagi kamu yang sering tidak bisa memenuhi kebutuhan tidur malam hari, hal itu bisa sangat mempengaruhi kesehatan seperti dapat menimbulkan sakit kepala, depresi, hipertensi, meningkatnya detak jantung hingga berakibat pada kurang optimalnya fungsi kekebalan tubuh kita.

Menjaga kualitas tidur Anda tetap terjaga pada malam hari, bukanlah perkara yang mudah. Salah satu penyebab yang paling sering dialami adalah masalah lingkungan yang seringkali mempengaruhi kemampuan kita untuk bisa tidur dengan nyenyak.

Bagi generasi milenial, terutama, yang suka men-desain kamar tidurnya layaknya sebuah tempat hiburan dengan fasilitas televisi, gadget, hingga pengeras suara yang akan menimbulkan kebisingan di kamar tidur tersebut.

Untuk menjaga tidur Anda tetap nyenyak, 5 hal berikut ini perlu diperhatikan agar kualitas tidur tetap terjaga.
Suhu

Menurut Rachel Salas, seorang neurologis dari John Hopskin University, suhu terbaik untuk kamar tidur adalah 18-20 derajat Celcius.

Suhu 18-20 derajat Celsius adalah temperatur ideal untuk menjaga kualitas tidur Anda pada malam hari. Suhu yang rendah ini akan membantu tubuh Anda menjadi normal seiring semakin terlelapnya tidur. Dan ketika sudah memasuki waktu bangun tidur Anda, suhu tubuh Anda akan mengalami kenaikan.

Jika suhu ruangan kamar tidur Anda di atas 20 derajat, hal ini merupakan faktor pemicu yang menyebabkan Anda sulit tidur (insomnia).

Kasur 

Kebanyakan orang pasti sering mengabaikan hal ini. Padahal, pemilihan kasur yang tidak tepat dapat menyebabkan masalah kesehatan bagi tubuh Anda seperti pegal-pegal dan berisiko menimbulkan rasa sakit pada bahu dan tulang belakang Anda.

Sebaliknya, pemilihan kasur yang cocok dapat mengurangi stres dan memperbaiki postur tubuh.

Pencahayaan

Untuk menciptakan kamar tidur yang nyaman, salah satu faktor yang perlu diperhatikan adalah penataan cahaya. Agar tidur Anda menjadi nyenyak, sebaiknya lampu kamar Anda diredupkan dengan cara memasang lampu-lampu kecil yang dapat diletakkan pada meja di samping ranjang tidur.

Pemilihan warna kamar tidur

Pemilihan warna pada ruangan dapat mempengaruhi suasana hati seseorang, karena itu sangat disarankan untuk memilih warna –warna kalem pada kamar tidur Anda.

Pemilihan Gorden

Untuk menjaga kualitas tidur, pemilihan gorden sebaiknya menggunakan bahan yang tidak tembus cahaya. Jadi gorden tidak tembus cahaya tersebut sangat berguna bagi kamu sedang tidur siang atau malam yang biasanya terganggu dengan cahaya bulan, cahaya matahari, bahkan lampu-lampu jalan, hal ini diyakini akan membuat tidur kamu lebih lama.

5 hal diatas merupakan beberapa hal yang sepele tapi penting diketahui untuk menciptakan ruangan kamar tidur yang lebih nyaman dan sehat, agar tidur Anda tetap terjaga kualitasnya.

Sponsored