Minum 3 Cangkir Kopi Sehari Bikin Panjang Umur. Benarkah…?

Apakah Benar Minum 3 Cangkir Kopi Sehari Membuat Umur Panjang - Motivasinews.com

MOTIVASInews.com – Bagi yang suka kopi, tentu artikel ini perlu sekali Anda simak. Para pecandu kopi sering mengatakan bahwa meminum cairan pahit membuat hidup mereka lebih baik. Kini, besar kemungkinan itu memang benar secara ilmiah. Bahkan menurut dua penelitian internasional besar baru-baru ini, kebiasaan tersebut juga ternyata dapat membantu mereka hidup lebih lama.

Namun seperti yang dikutip dari Channel News Asia, para ahli memperingatkan bahwa laporan Amerika Serikat dan Eropa yang diterbitkan dalam Annals of Internal Medicine tersebut gagal menunjukkan bahwa kopi benar-benar menjadi alasan mengapa banyak peminum kopi memiliki umur yang lebih lama.

Sebaliknya, penelitian tersebut bersifat observasional. Yang berarti mereka menunjukkan hubungan antara minum kopi dan kecenderungan terhadap umur panjang, namun tidak memberi bukti sebab dan akibat.

Studi pertama, yang dipimpin oleh International Agency for Research on Cancer (IARC) dan Imperial College London, meneliti lebih dari setengah juta orang di 10 negara di Eropa.

Berdasarkan penelitian tersebut, mereka yang minum sekitar tiga cangkir sehari cenderung hidup lebih lama daripada peminum non-kopi, yang oleh para periset digambarkan sebagai analisis terbesar efek minum kopi pada populasi Eropa.

“Kami menemukan bahwa tingginya konsumsi kopi dikaitkan dengan risiko kematian yang lebih rendah dibandingkan oleh sebab apapun, dan khususnya untuk penyakit peredaran darah dan penyakit pencernaan,” kata penulis utama dari IARC, Marc Gunter, yang sebelumnya berada di Imperial’s School of Public Health.

“Yang penting, hasil ini serupa di seluruh 10 negara Eropa, dengan kebiasaan minum kopi yang bervariasi.”

Sedangkan studi kedua mencakup lebih dari 180.000 peserta dari berbagai latar belakang etnis di Amerika Serikat. Mereka menemukan adanya manfaat kopi terhadap umur panjang, terlepas apakah kopi itu berkafein atau tidak berkafein. Peminum kopi memiliki risiko kematian lebih rendah yang diakibatkan penyakit jantung, kanker, stroke, diabetes, dan penyakit pernafasan dan ginjal.

Mereka yang minum satu cangkir sehari, sebanyak 12 persen lebih kecil kemungkinannya meninggal karena penyakit tersebut dibandingkan mereka yang tidak minum kopi. Sementara mereka yang minum dua atau tiga cangkir per hari, mengurangi risiko angka kematian yang lebih tinggi yaitu sebanyak 18 persen.

Bagaimana, sudah kah Anda minum kopi hari ini?

Sponsored